Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Kelima Beroperasi Pintu LRT Jabodebek Eror Lagi, Manajemen: Langsung Diperbaiki

Kompas.com - 02/09/2023, 06:00 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu kereta LRT Jabodebek kembali mengalami gangguan pada pintu kereta pagi tadi, Jumat (1/9/2023) di Stasiun Pancoran, Jakarta Selatan.

Gangguan pada kereta LRT Jabodebek Line Bekasi ini dilaporkan akun Twitter komunitas @jalur5_. Pada salah satu video yang diunggah terlihat kejadian terjadi sekitar pukul 10.13 WIB.

"Hari ini (1/9) kembali terjadi gangguan @LRTJabodebek di Stasiun Pancoran, Jakarta Selatan. LRT tertahan hingga 10 menit dalam keadaan pintu tertutup di Stasiun Pancoran. Penumpang akhirnya dievakuasi setelah beberapa menit," tulis akun Twitter @jalur5_, Jumat.

Baca juga: Libur Akhir Pekan Jajal LRT Jabodebek, Ini Daftar Tempat Wisata Dekat Stasiun yang Bisa Dikunjungi

Saat dikonfirmasi, Manager Public Relations Divisi LRT Jabodebek Kuswardojo membenarkan laporan tersebut.

"Betul tadi terjadi gangguan diperjalanan yang akhirnya mengharuskan penumpang untuk dipindahkan ke rangkaian yang lain," ujar Kuswardojo dalam keterangannya, Jumat (1/9/2023).

Setelah para penumpang turun, PT Kereta Api Indonesia (Persero) selaku operator dan PT Industri Kereta Api (Persero) atau INKA selaku pembuat kereta, langsung memperbaiki kereta tersebut di lokasi kejadian.

Tak lama kemudian, kereta tersebut berhasil diperbaiki oleh tim teknisi dari KAI dan INKA sehingga dapat beroperasi normal kembali untuk mengangkut penumpang.

"Iya (diperbaiki di Stasiun Pancoran) dan langsung bisa digunakan kembali," kata dia.

Baca juga: LRT Jabodebek Sempat Gangguan, Jokowi: Jangan Bully Produk Kita Sendiri

Atas gangguan operasional ini, pihaknya memohon maaf kepada para penumpang. Pasalnya, gangguan operasi pagi ini bukan yang pertama kali terjadi sejak LRT Jabodebek dioperasikan penuh Senin (28/8/2023).

Pada hari ketiga beroperasi, Rabu (30/8/2023), dua kereta LRT Jabodebek sempat mengalami gangguan operasional berupa aliran listrik mati dan pintu kereta tidak bisa tertutup.

Untuk rangkaian kereta yang pintunya bermasalah akhirnya ditarik ke Depo Jati Mulya untuk dicek oleh INKA dan KAI. Sementara kereta yang aliran listriknya sempat mati, tetap bisa beroperasi normal karena masalah langsung bisa teratasi.

Baca juga: Jangan Sampai Salah, Ini 2 Stasiun LRT Jabodebek yang Terhubung dengan Stasiun KRL


"Kami mohon maaf apabila dalam beberapa hari ini masih ada gangguan sarana selama perjalanan Tim INKA yang bertanggungjawab terhadap sarana yang dioperasikan selalu berupaya menyiapkan sarana sebaik mungkin dan handal untuk digunakan," ucapnya.

"Kami dan seluruh stakeholder yang terlibat dalam pengoperasian LRT Jabodebek berusaha untuk bisa menghadirkan pelayanan terbaik dan menyempurnakan beberapa kekurangan yang ada," sambungnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com