Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masuk Fortune 100 Indonesia, Sampoerna Fokus Ciptakan Nilai Tambah

Kompas.com - 02/09/2023, 21:04 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) beberapa waktu lalu masuk ke dalam daftar 100 perusahaan terbesar di Tanah Air versi Fortune Indonesia. Sampoerna menempati peringkat 10 dalam daftar 100 perusahaan terbesar tahun 2022.

Dikutip dari keterangan tertulis, Sabtu (2/9/2023), menurut Presiden Direktur Sampoerna Vassilis Gkatzelis, capaian ini tidak lepas dari upaya perseroan tetap fokus untuk menciptakan nilai bagi para pemangku kepentingan di Indonesia, yaitu konsumen dewasa, karyawan, mitra usaha, serta pemegang saham, serta masyarakat luas.

Gkatzelis mengatakan, kinerja perseroan pada 2022 mencerminkan fundamental bisnis yang kokoh dengan kekuatan portofolio merek Sampoerna, jangkauan pasar yang kuat, serta organisasi yang tangguh.

Baca juga: Gelar RUPSLB, HM Sampoerna Umumkan Perubahan Susunan Direksi

Presiden Direktur PT HM Sampoerna Tbk. Vassilis Gkatzelis turut hadir dalam Konferensi Tingkat Tinggi B20 (B20 Summit) Indonesia di Bali, Minggu (13/11/2022). Dok. PT HM Sampoerna Tbk Presiden Direktur PT HM Sampoerna Tbk. Vassilis Gkatzelis turut hadir dalam Konferensi Tingkat Tinggi B20 (B20 Summit) Indonesia di Bali, Minggu (13/11/2022).

“Kami menyambut baik pengakuan yang diberikan oleh Fortune Indonesia,” ujar Vassilis.

Fortune Indonesia baru-baru ini merilis daftar 100 perusahaan terbesar di Indonesia. Untuk menentukan perusahaan yang masuk dalam daftar ini, Fortune Indonesia menggunakan metodologi yang mengacu pada standard list Fortune 500 yang sudah berusia 69 tahun dan mendunia.

Dalam proses penentuan 100 perusahaan terbesar, tim Fortune Indonesia mengkurasi laporan keuangan 2022 dari ratusan perusahaan terbuka dan tertutup.

Fortune Indonesia juga menempatkan Sampoerna pada peringkat 10 sebagai perusahaan dengan kapitalisasi pasar terbesar di Indonesia. Kapitalisasi pasar HMSP menyentuh angka Rp 109,92 triliun pada tahun 2022.

Baca juga: Sampoerna Tegaskan Komitmen Manfaatkan Tembakau dan Cengkeh Lokal

Adapun, pada 2022 HMSP meningkatkan penjualan bersih senilai Rp 111,2 triliun, tumbuh 12,5 persen secara tahunan, dan laba bersih Rp 6,3 triliun.

Gkatzelis mengatakan, Sampoerna berkomitmen penuh untuk menciptakan nilai tambah ekonomi, termasuk melalui investasi jangka panjang di Indonesia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com