Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erick Thohir Apresiasi Petugas KAI yang Cegah Percobaan Bunuh Diri

Kompas.com - 05/09/2023, 15:08 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengapresiasi aksi petugas KAI, yang berhasil mencegah seorang ibu yang diduga hendak bunuh diri di Stasiun Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

"Apresiasi untuk para petugas keamanan KAI yang sigap menenangkan sang ibu. Semoga situasi semakin membaik untuk ibu dan bayi," kata Erick dikutip dari akun Instagramnya @erickthohir, Selasa (5/9/2023).

Mantan Presiden Inter Milan ini pun mengingatkan pentingnya menjaga kesehatan mental untuk mencegah niat untuk bertindak mencelakakan diri.

Baca juga: KAI Bangga Petugasnya Berhasil Cegah Percobaan Bunuh Diri Ibu yang Bawa Bayinya di Stasiun Pasar Minggu

"Mari kita bangun kesadaran tentang pentingnya kesehatan mental, baik bagi diri sendiri maupun orang lain di sekitar kita. Saling rangkul dan jaga, tanpa rasa menghakimi," imbau Erick.

PT KAI juga mengapresiasi tindakan kedua petugas bernama M. Ali Sopian Pulungan dan Suharlan yang melakukan penyelamatan itu.

"Keselamatan penumpang kami adalah prioritas utama, dan keduanya telah menunjukkan nilai-nilai tersebut dengan cara yang luar biasa," kata VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga: Kata Erick Thohir soal Kelanjutan Kasus Dugaan Korupsi Dana Pensiun BUMN

Joni mengatakan sikap kedua petugas tersebut mencerminkan amanah, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif (AKHLAK) yang menjadi slogan BUMN maupun pegawai pemerintahan.

Sebelumnya, warganet dihebohkan dengan video seorang ibu terus memberontak saat sedang dipegangi oleh petugas stasiun. Sementara itu, seorang petugas lain terlihat sedang menggendong bayi.

Dalam unggahan salah satu akun di Instagram, ibu yang belum diketahui identitasnya itu dinarasikan berniat membuang bayinya ke rel kereta.

Baca juga: Erick Thohir Jawab Keluhan LRT Jabodebek yang Sering Gangguan

"Diduga mengalami depresi, seorang ibu berniat melempar buah hati ke jalur perlintasan kereta api listrik (KRL) di kawasan Pasar Minggu," tulis akun tersebut pada Senin (4/9/2023).

Sementara itu, Kapolsek Pasar Minggu Kompol David Purba menyatakan informasi yang beredar di media sosial tak sepenuhnya benar.

David mengatakan, ibu tersebut tak berniat membuang bayinya. Ibu itu justru ingin bunuh diri dengan cara melompat ke jalur KRL.

"Dari informasi petugas, itu si ibunya yang mau bunuh diri. Jadi percobaan bunuh diri," kata dia saat dihubungi, Senin.

Baca juga: Cara Beli Tiket LRT Jabodebek lewat Aplikasi Access by KAI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com