Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapkan 7 Dokumen Ini Sebelum Pendaftaran Seleksi CASN Dibuka 17 September 2023

Kompas.com - 05/09/2023, 18:10 WIB
Ade Miranti Karunia,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendaftaran seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) dijadwalkan akan dibuka pada 17 September 2023.

Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas meminta kepada calon pelamar untuk mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan terlebih dahulu sebelum mendaftar.

"Setiap instansi punya persyaratan khusus masing-masing. Cermati dokumen yang dibutuhkan untuk melamar karena calon pelamar. Jangan sampai ini menjadi kendala saat melamar," katanya dalam keterangan tertulis dikutip Selasa (5/9/2023).

Sebelum mendaftar, tentunya calon pelamar harus mencermati syarat pendaftaran CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) secara umum. Misalnya terkait batas usia pelamar, jabatan, kualifikasi pendidikan, dan lain-lain.

Baca juga: Cara Daftar Akun SSCASN untuk CPNS dan PPPK 2023

"Calon pelamar harus mengetahui formasi jabatan yang akan dilamar secara spesifik. Apakah jabatan tersebut dibuka untuk menjadi CPNS atau PPPK," sambung Anas.

Anas menegaskan calon pelamar harus aktif mencari informasi di laman atau media sosial resmi instansi pemerintah terkait seleksi CASN.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya, seluruh syarat dan ketentuan akan diinformasikan secara terbuka," tuturnya.

Adapun syarat dokumen pendaftaran CPNS sebagai berikut:

Syarat Dokumen Pendaftaran CPNS

  • Surat lamaran;
  • Kartu Tanda Penduduk/KTP;
  • Kartu Keluarga (KK);
  • Ijazah;
  • Transkip nilai;
  • Pas foto terbaru latar belakang merah;
  • Dokumen lain sesuai dengan ketentuan jenis seleksi dan instansi yang dilamar.

Baca juga: Pahami, Ini Tahapan Seleksi CPNS 2023

Berdasarkan Surat Kepala BKN No. 8229/B-KS.04.01/SD/K/2023 perihal Jadwal Pelaksanaan Seleksi CASN tahun 2023, pengumuman seleksi dilakukan oleh setiap instansi pemerintah pada 16-30 September 2023.

Sementara untuk pendaftarannya, dimulai 17 September hingga 6 Oktober 2023. Jadwal seleksi ini dapat diunduh melalui https://www.bkn.go.id/unggahan/2023/08/S-Jadwal-Seleksi-CASN-2023-DS.pdf

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan seleksi CASN tetap menggunakan Computer Assisted Test (CAT) sehingga nilai peserta bisa terlihat secara real-time.

Baca juga: BKN Tambahkan Informasi Gaji di Formasi Jabatan CASN 2023

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com