Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Enam Langkah Kecil untuk Tingkatkan Masa Depan Finansial

Kompas.com - 06/09/2023, 11:34 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada banyak hal-hal kecil yang bisa dilakukan untuk memperbaiki masa depan finansial, namun sering terlupa. Padahal, perubahan hal-hal besar, tentu berawal dari hal kecil dulu.

Mengutip CNN, ada banyak hal kecil yang bisa kamu lakukan secara sukarela untuk memperbaiki masa depan finansial. Kamu memiliki kesempatan yang lebih baik untuk memperbaiki kondisi keuangan kamu jika tiga sasaran kecil bisa dicapai dalam 6-12 bulan.

“Yang paling penting adalah membuatnya tetap sederhana. Bertambah secara bertahap, konsistensi yang dapat diterapkan, dan memahami bahwa tidak ada yang sempurna,” kata Brent Weiss, salah satu pendiri dan kepala kesehatan finansial di Facet, sebuah perusahaan perencanaan keuangan.

Baca juga: Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Metode 50/30/20

“Yang paling banyak kami kerjakan adalah tiga hal. Ini bukan tentang mengubah hidup Anda, tetapi mengubah beberapa hal untuk meningkatkan kesehatan finansial Anda,” tambahnya.

Lebih rincinya, ada beberapa hal kecil yang bisa membantumu untuk meningkatkan masa depan finansial:

1. Pahami kondisi keuangan

Sebelum memutuskan dua atau tiga hal yang harus kamu lakukan, Weiss menyarankan untuk memahami kondisi keuangan kamu saat ini. Seperti, berapa banyak uang yang kamu hasilkan setiap bulan? Berapa banyak yang kamu bayarkan? berapa banyak uang yang kamu hemat saat ini, dan berapa banyak yang kamu belanjakan.

Lalu, kamu juga harus bisa menakar, seberapa besar nilai aset yang kamu miliki saat ini?, dan apa kewajiban kamu. Setelah kamu selesai melakukannya, lihat lebih dalam pola pengeluaran uang kamu selama ini.

Baca juga: Wacana Liburan Akhir Tahun Butuh Perencanaan Keuangan yang Baik

“Uraikan ke mana perginya uang kamu secara spesifik dan buat kolom “kebutuhan” dan kolom “keinginan”,” kata Rose Niang, direktur perencanaan keuangan di Edelman Financial Engines.

“Jadi, misalnya, membayar sewa atau hipotek adalah kebutuhan yang pasti. Membeli bunga untuk diri sendiri sebulan sekali adalah sebuah keinginan,” jelas dia.

Rose mengungkapkan, membuat gambaran kondisi keuangan bukanlah untuk merampas keinginan kamu. Hal itu penting dilakukan untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang uang apa yang tersedia, untuk kamu gunakan kembali.

2. Lakukan perubahan meskipun kecil

Jika menambah tabungan akan membuat kamu merasa lebih tenang dan bahagia, mulailah dari yang kecil jika uangnya terbatas. Bahkan peningkatan satu atau dua poin persentase per tahun dapat membuat perbedaan nyata dari waktu ke waktu.

Misalnya, kamu menambah tabungan untuk masa pensiun, biaya kuliah, keadaan darurat, atau bahkan untuk rencana liburan. Namun pastikan menabung tidak mengurangi pendapatan yang ada untuk kebutuhan hidup kamu.

Baca juga: Sederet Tantangan yang Dihadapi Dibalik Digitalisasi Sektor Keuangan

3. Bayar utang berbunga tinggi

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com