Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luhut Sebut Elon Musk Berencana ke Indonesia di Oktober 2023

Kompas.com - 06/09/2023, 12:40 WIB
Ade Miranti Karunia,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut B. Pandjaitan menjelaskan, pendiiri Tesla Inc dan Space X, Elon Musk akan datang ke Indonesia pada Oktober 2023.

Tujuan kedatangan salah satu orang terkaya di dunia ini tak lain membahas kelanjutan pembangunan jaringan internet murah di Indonesia.

"Kita lihat nanti, kalau deal-nya selesai kita harapkan Oktober (Elon Musk datang ke Indonesia). (Kedatangannya) untuk Starlink," ujar Luhut ditemui usai menghadiri agenda CEO Forum of ASEAN Bloomberg di Jakarta, Rabu (6/9/2023).

Sementara mengenai Tesla, lanjut Luhut, Elon Musk masih belum memutuskan untuk berinvestasi di negara manapun, termasuk Indonesia.

Baca juga: Siang Ini, Luhut Jajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung dengan PM China Li Qiang

"Tesla ya itu tadi tidak akan invest di mana saja, bukan hanya di Indonesia saja. Kalau di Malaysia, mereka hanya buka untuk jualan mobil Teslanya saja," katanya.

Mantan Kepala Staf Kepresidenan ini pun tetap menyangkal jika perusahaan otomotif ternama di Amerika Serikat (AS) tersebut batal berinvestasi ke Indonesia.

"Enggak juga (Tesla batal investasi ke Indonesia). Dia tetap melihat Indonesia sebagai prioritas," ujar Luhut.

Beberapa waktu lalu, Luhut melakukan kunjungan kerja ke Amerika Serikat. Selama di Negeri Paman Sam, dia bertemu dengan Elon Musk untuk menagih janji investasi Tesla Inc ke Tanah Air.

Tapi dari hasil pertemuan itu, Elon Musk malah tertarik untuk mengembangkan internet murah di Indonesia melalui Starlink.

"Kami juga berdiksusi terkait ketertarikan Elon untuk bekerja sama membangun jaringan internet murah di timur Indonesia lewat satelit Starlink-nya yang populer itu," ujar Luhut dikutip dari video yang dibagikan di Instagram @luhut.pandjaitan, Senin (14/8/2023).

Baca juga: Luhut: Elon Musk Bakal ke Indonesia, Tertarik Bangun Internet Murah Starlink

Dalam videonya, Luhut menyebutkan, dirinya mengundang salah satu orang terkaya di dunia itu ke Indonesia untuk dua agenda.

"Yang pertama status Starlink, kalau semua prosesnya kita selesaikan, sedang kita teliti. Yang kedua, dia mau investasi di pembuatan bahan-bahan untuk lithium battery. Dia sudah berbicara berkali-kali dengan timnya dan sebelum saya kembali juga (ke Indonesia), timnya (Elon Musk) sudah sepakat tidak MoU langsung pada agreement untuk mereka investasi di sini," paparnya.

"Untuk itu, saya mengundang Elon agar bisa datang ke Indonesia dan dia menyanggupinya," lanjut dia.

Adapun mengenai angka investasi, Luhut meminta untuk menunggu sampai Elon Musk datang ke Jakarta.

"Nilai investasinya cukup besar juga. Nanti kita tunggu saja waktu Elon datang kemari, ya kira-kira antara September akhir atau Oktober tahun ini," ucap Luhut.

Baca juga: Bertemu Elon Musk, Luhut Sebut Tesla Tunda Investasi di Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com