Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Jalan Tol Paling Tua di Indonesia

Kompas.com - 10/09/2023, 14:06 WIB
Yohana Artha Uly,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan tol menjadi salah satu komponen penting dalam mendorong perekonomian nasional. Terutama dalam mendukung cita-cita Indonesia bertransformasi menjadi negara yang ekonominya di topang sektor manufaktur dan jasa.

Jalan tol yang telah beroperasi dapat dinikmati langsung manfaatnya oleh masyarakat secara luas. Konektivitas jalan tol pun akan terus tercipta seiring dengan terhubungnya jalan tol eksisting dengan jalan tol baru, sehingga menghubungkan antar-wilayah di Indonesia.

Berdasarkan data Kementerian PUPR, hingga saat ini Indonesia memiliki jalan tol yang sudah beroperasi sepanjang 2.760 kilometer (km) dengan 71 ruas tol operasi yang dikelola oleh 49 Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

Baca juga: Saat Sidang Tahunan MPR Jadi Luapan Curhat Jokowi: Julukan Plonga-plongo hingga Kritik Jalan Tol

Terdiri dari sepanjang 814,68 km jalan tol beroperasi di Pulau Sumatera, 1.776,62 km jalan tol beroperasi di Pulau Jawa, 10,07 km jalan tol beroperasi di Pulau Bali, 97,27 km jalan tol beroperasi di Pulau Kalimantan, dan 61,46 km jalan tol beroperasi di Pulau Sulawesi.

Jalan tol yang telah dibangun dan beroperasi secara optimal tersebut memungkinkan mobilitas yang lebih efisien bagi masyarakat, dengan demikian semakin meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam kegiatan sehari-hari. 

Tapi tahukah kamu jalan tol tertua yang beroperasi di Indonesia?

Mengutip laman resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Minggu (10/9/2023), terdapat tiga jalan tol tertua yang dibangun dan beroperasi di Indonesia yakni:

1. Jalan Tol Jakarta - Bogor - Ciawi

Jalan Tol Jakarta - Bogor - Ciawi atau yang dikenal Jalan Tol Jagorawi sepanjang 59 km merupakan jalan tol pertama dan tertua di Indonesia. Jalan tol ini sudah beroperasi sejak tahun 1978 dan masih tetap beroperasi sampai saat ini. 

Jalan Tol Jagorawi telah tersambung dengan banyak jalan tol, seperti Jalan Tol Dalam Kota, Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta, Jalan Tol Bogor Ring Road, Jalan Tol Cimanggis - Cibitung, Jalan Tol Cinere - Jagorawi, Jalan Tol Ciawi - Sukabumi

2. Jalan Tol Semarang ABC

Jalan Tol Semarang ABC sepanjang 24,75 km dioperasikan sejak tahun 1983 dan merupakan jalan tol kedua yang beroperasi di Indonesia setelah Jalan Tol Jagorawi.

Jalan tol ini merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Jawa yang tersambung langsung dengan Jalan Tol Semarang-Solo di ujung selatan dan Tol Semarang-Batang di ujung barat.

3. Jalan Tol Jakarta - Tangerang

Jalan Tol Jakarta - Tangerang dengan panjang mencapai 33 km diresmikan pada tahun 1984 dan menjadi ruas tol tertua ke tiga yang ada di Indonesia. 

Saat ini, ruas tol Jakarta - Tangerang menjadi penghubung bagi beberapa ruas tol lain yang ada di Jakarta dan Banten, seperti ruas tol Tangerang-Merak, ruas tol dalam kota Jakarta, ruas tol lingkar luar Jakarta 1, dan ruas tol lingkar luar Jakarta 2.

Baca juga: Jawab Kritik, Jokowi: Jalan Tol Enggak Bisa Dimakan, Ya Memang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com