Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RI Tawarkan Proyek Smelter hingga Jalan Tol di ASEAN Indo-Pasific Forum

Kompas.com - 06/09/2023, 11:16 WIB
Yoga Sukmana

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia menawarkan sebanyak 39 proyek di ASEAN Indo-Pasific Forum (AIPF).

Proyek tersebut terdiri dari 35 proyek dari BUMN dan 4 proyek lainnya dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

"Proyek yang kita tawarkan adalah proyek proyek yang sudah matang untuk mencari strategic partner tapi juga funding," jelas Wakil Menteri BUMN Rosan Roeslani dalam konferensi pers AIPF, di JCC Senayan, Selasa (5/9/2023).

Baca juga: Kolaborasi Diperlukan untuk Percepat Transisi Energi di ASEAN

Adapun beberapa proyek yang ditawarkan di antaranya adalah proyek aluminium smelter yang berada di bawah PT Antam. Ia katakan bahwa proyek aluminium smelter sudah matang dan siap ditanderkan.

Kemudian, proyek Bali Maritime Tourism Hub dari PT Pelindo di mana lahan dari proyek sudah siap untuk dilakukan pembangunan.

"Kemudian proyek lainya yang siap di tawarkan untuk dikerjasamakan juga termasuk jalan tol di Nusa Dua," jelas Rosan.

Baca juga: Menlu: IMF dan Bank Dunia Puji Pertumbuhan Ekonomi ASEAN

Diketahui, Presiden Joko Widodo secara resmi membuka ASEAN-Indo-Pacific Forum (AIPF), di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa. Lewat agenda “Implementation of the ASEAN Outlook on the Indo-Pacific".

AIPF merupakan salah satu highlight Keketuaan ASEAN Indonesia 2023 untuk meningkatkan kerja sama ASEAN dengan negara mitra di kawasan Indo-Pasifik.

AIPF memiliki tiga agenda utama yaitu infrastruktur hijau dan rantai pasok yang resilient, pembiayaan yang berkelanjutan dan inovatif, dan transformasi digital dan ekonomi kreatif. (Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Handoyo)

Baca juga: Kata Bos IMF, Perekonomian ASEAN ibarat Titik Terang di Cakrawala yang Redup

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Indonesia Tawarkan 39 Proyek di ASEAN Indo-Pasific Forum, Apa Saja?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com