Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rawan Modus Call Center Palsu, Bank Danamon: Hello Danamon 1-500-090

Kompas.com - 13/09/2023, 09:15 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Maraknya penipuan berupa social engineering mengharuskan masyarakat lebih waspada dan teliti. Social engineering atau rekayasa sosial adalah bentuk ancaman yang ditujukan bukan kepada sistem komputer, melainkan penggunanya yaitu manusia.

Service Quality & Contact Center Head PT Bank Danamon Indonesia Tbk Kristiani Siwi mengatakan, baru-baru ini ditemukan call center palsu yang diklaim sebagai call center Bank Danamon.

Kristiani mengatakan, penipu menempatkan informasi palsu mengenai call center Danamon di Google Maps untuk mengelabui calon korban yang ingin mencari alamat kantor cabang Bank Danamon dan nomor telepon yang dapat dihubungi.

Baca juga: Bank Danamon Minta Nasabah Waspada Modus Penipuan Tunggakan Kartu Kredit

Ilustrasi Bank Danamon. Tangkapan layar laman www.danamon.co.id Ilustrasi Bank Danamon.

"Kemudian korban menghubungi call center palsu tersebut dan diarahkan penipu untuk melanjutkan pembicaraan melalui chat WhatsApp. Lalu penipu mengirimkan file .apk yang ketika diklik memberikan akses kepada data nasabah di bank agar penipu dapat mengosongkan saldo tabungan korban," kataK ristiani dalam keterangan tertulis, Rabu (13/9/2023).

Berdasarkan kasus tersebut, Kristiani mengimbau para nasabah mencari dan mengonfirmasi kontak call center perusahaan di sumber terpercaya seperti Call 108 atau situs resmi.

"Penting juga untuk diperhatikan bahwa nasabah tidak sembarangan meng-klik file mencurigakan yang dikirimkan melalui e-mail, WhatsApp, atau SMS," ujarnya.

Kristiani mengatakan, call center Bank Danamon, yang dinamakan Hello Danamon, merupakan salah satu channel bagi nasabah untuk memperoleh informasi mengenai produk dan layanan, serta menyampaikan keluhan.

Baca juga: Jadi Korban Penipuan Keuangan Digital, Ini yang Harus Dilakukan

Dalam rangka memenuhi ekspektasi dan memberikan solusi terbaik kepada nasabah, Danamon senantiasa memberikan pembekalan berupa kemampuan customer service yang mumpuni dan berkelanjutan kepada para agent Hello Danamon.

Kristiani mengatakan, apabila nasabah memiliki pertanyaan atau membutuhkan bantuan lebih lanjut terkait perbankan, dapat menghubungi call center Hello Danamon di 1-500-090.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com