Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kontribusi Traveloka Terhadap Perekonomian RI Capai 10 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 21/09/2023, 16:37 WIB
Ade Miranti Karunia,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PwC Indonesia melakukan studi terhadap platform Traveloka dari segi kontribusi terhadap perekonomian pasca pandemi, penciptaan lapangan kerja, dan mendorong lahirnya inovasi.

Hasil studi menunjukkan bahwa Traveloka turut menstimulasi penciptaan nilai tambah bruto di Indonesia sekitar 10 miliar dollar AS pada 2019-2022 atau setara lebih dari 360.000 tenaga kerja setiap tahunnya.

Dari nilai tersebut, 4,5 miliar dollar AS diantaranya berasal dari industri pariwisata atau setara 2,70 persen produk domestik bruto (PDB). Kontribusi ini juga berdampak positif ke sektor lain seperti pertanian dan energi.

"Hasil studi ini menggambarkan hubungan simbiosis antara Traveloka dan perekonomian, serta mendorong pertumbuhan dan inovasi dalam periode dimana ketahanan dan kemampuan beradaptasi menjadi hal yang sangat penting," kata Direktur PwC Indonesia, Julian Smith di Jakarta, Kamis (21/9/2023).

Baca juga: Diskon Travel Fair Traveloka 50 + 30 Persen, Catat Tanggalnya

Studi juga menunjukkan, Traveloka memberikan dampak positif kepada UMKM. Sebesar 75 persen pendapatan mereka mengalami peningkatan signifikan berkat program-program Traveloka.

Program EPIC Sale dan Live Streams merupakan contoh inisiatif yang mendorong pertumbuhan bisnis mitra dan UMKM. PwC menunjukan kolaborasi antara Traveloka dengan seluruh mitranya, sebesar 27 persen di antaranya berlokasi di luar Provinsi Jawa dan Bali.

Baca juga: PwC Indonesia: Prinsip ESG Harus Masuk ke Dalam Tujuan IPO Perusahaan


Menurut Julian, ini menunjukkan pentingnya peran Traveloka di jantung ekosistem perjalanan dan pariwisata Indonesia, serta dampak langsung bagi mitra-mitranya dengan membuka akses ke khalayak baru dan berinovasi untuk mendiversifikasi aliran pendapatan mereka.

"Menyaksikan Traveloka sebagai unicorn teknologi yang tidak hanya berkembang namun juga menjadi katalis perubahan positif di kawasan Asia Tenggara merupakan hal yang inspiratif dan dapat menjadi salah satu tolok ukur praktik bisnis yang berkelanjutan," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com