Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap-siap, KAI akan Luncurkan Kereta Ekonomi Rasa Eksekutif

Kompas.com - 22/09/2023, 19:40 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI akan meluncurkan kereta ekonomi generasi baru (new generation) mulai 26 September 2023.

Nantinya, kereta ekonomi baru ini akan dirangkaikan di kereta api (KA) Jayabaya relasi Jakarta Pasar Senen-Malang dan sebaliknya.

Dengan demikian, susunan rangkaian KA Jayabaya menjadi 4 kereta eksekutif (K1), 5 kereta ekonomi new generation (K3 NG), dan 1 kereta makan pembangkit (MP3).

Informasi ini dikuti dari akun media sosial X resmi milik PT KAI @KAI121, Jumat (22/9/2023).

Baca juga: Ada Diskon untuk 73.500 Tiket Kereta di KAI Expo 2023, Simak Ketentuannya

Berbeda dengan kereta ekonomi generasi lama, kereta ekonomi new generation ini sudah dimodifikasi bagian interior kereta dan kursinya di Balai Yasa Manggarai.

Kereta ekonomi baru memang diluncurkan untuk menggantikan kereta ekonomi non-subsidi atau komersial. Modifikasi dilakukan sebagai bagian dari program peningkatan pelayanan di kelas ekonomi.

Adapun modifikasi yang paling mencolok pada kereta ekonomi baru ini terletak pada model kursinya yang memiliki fitur seperti kursi kereta eksekutif.

Jenis kursi yang digunakan pada kereta ekonomi new generation menggunakan tipe captain seat yang bisa diatur kemiringannya dan bisa diatur searah laju kereta api atau berhadapan.

Selain itu pada interior kereta juga ditambahkan Public Information Display System (PIDS) yang dapat menampilkan jam dan suhu. Interior kereta juga dimodif mirip dengan kereta eksekutif seperti bentuk bagasi dan nuansa interior yang lebih cerah.

Baca juga: KAI Beli KRL Baru dari INKA dan Jepang, Mana yang Lebih Murah?

Tak hanya itu, modifikasi juga dilakukan pada toilet dengan nuansa yang lebih mewah dan menggunakan toilet duduk.

Pada kereta ekonomi baru ini, PT KAI juga mengurangi kapasitas menjadi 72 kursi sehingga memberikan kesan yang lebih luas bagii penumpang.

"Kereta ekonomi new generation sebelumnya adalah kereta ekonomi jenis long seat tegak lurus berkapasitas 80 penumpang, yang dimodifikasi oleh Balai Yasa Manggarai," tulis akun media sosial X resmi milik PT KAI @KAI121, Jumat (22/9/2023).

Sebagai informasi, saat ini sudah ada 10 kereta ekonomi yang telah dimodifikasi menjadi kereta ekonomi new generation oleh Balai Yasa Manggarai sejak April 2023.

Baca juga: KAI Butuh Dana Rp 676,8 Miliar untuk Impor 3 KRL Baru dari Jepang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com