Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layanan Gojek Terintegrasi KRL, Menhub Berharap Kemacetan Berkurang

Kompas.com - 29/09/2023, 17:47 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyambut baik inisiatif Gojek untuk mengintegrasikan layanan ride hailing (transportasi daring) dengan angkutan massal KRL Commuterline Jabodetabek.

Hal itu dia sampaikan dalam peluncuran di pameran transportasi dan travel fair Hub Space X KAI Expo 2023, Jakarta, Jumat (29/9/2023).

"Diharapkan, layanan ini semakin memudahkan mobilitas masyarakat, mendukung peningkatan penggunaan angkutan massal, dan menjadi salah satu solusi mengatasi permasalahan kemacetan dan polusi udara di wilayah perkotaan," kata Budi.

Baca juga: Gojek Luncurkan GoRide Transit, Apa Itu?

Menhub menambahkan, pemerintah terus mendorong inovasi layanan transportasi daring sebagai angkutan first mile dan last mile, dari rumah ke stasiun dan dari stasiun ke kantor dengan tarif yang terjangkau.

Berdasarkan hasil penelitian pusat studi transportasi dan logistik Universitas Gadjah Mada (Pustral UGM), solusi multimoda Gojek mendorong naiknya minat masyarakat menggunakan transportasi publik secara mudah dan murah.

Riset juga menunjukkan, kombinasi perjalanan seperti ini berkontribusi mengurangi emisi penggunaan kendaraan bermotor pribadi hingga 5.057 ton sepanjang 2022.

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) meluncurkan fitur GoRide Transit yang terintegrasi holistik antara layanan ride-hailing dengan transportasi publik.

Baca juga: Cara Daftar GoCorp Gojek

Dalam satu kali transaksi, pengguna dapat memesan GoRide menuju stasiun, membeli tiket layanan transportasi publik KRL Commuterline dan melanjutkan perjalanan dari stasiun ke tujuan akhir dengan GoRide. GoRide Transit saat ini melayani pengguna di 82 stasiun KRL Jabodetabek.

Sebelumnya, Direktur Utama Grup GoTo, Patrick Walujo menuturkan, keberadaan GoRide Transit sejalan dengan strategi Grup GoTo dalam menghadirkan variasi produk untuk menjangkau kelompok konsumen yang lebih luas lagi, khususnya pengguna transportasi publik.

"Lewat GoRide Transit, kami turut mendukung upaya pemerintah tingkatkan penggunaan layanan transportasi publik dengan memberikan pengalaman mobilitas yang lebih mudah, lebih cepat dan lebih hemat," katanya.

Baca juga: Gojek Klaim Pengguna Layanan GoCorp Tumbuh 3 Kali Lipat Dibanding 2022

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com