Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kucurkan Rp 500 Miliar, Konglomerat Dato Sri Tahir Akan Bangun RS Mayapada di IKN

Kompas.com - 05/10/2023, 15:00 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendiri Mayapada Group, Dato Sri Tahir, akan membangun rumah sakit (RS) Mayapada di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.

Pada Selasa (3/10/2023), konglomerat ini meninjau langsung lokasi rencana pembangunan RS Mayapada untuk memastikan desain arsitektur sesuai kondisi topografi lahan.

Mayapada Group akan mengucurkan dana investasi sekitar Rp 500 miliar untuk pembangunan rumah sakit sekaligus asrama bagi pekerja RS yang direncanakan akan dibangun di Wilayah Perencanaan (WP) 1B IKN ini.

Baca juga: Dato Sri Tahir Suntik Modal Rp 3 Triliun ke Bank Mayapada

Tahir mengatakan, peletakan batu pertama (groundbreaking) ditargetkan akan dilaksanakan pada 1 November 2023. Diperkirakan pembangunan akan rampung pada April 2024 sehingga RS Mayapada di IKN dapat mulai beroperasi pada Juli 2024.

"Mayapada akan menjadi salah satu RS yang pertama dibangun dan beroperasi di IKN, dan akan menjadi RS terbaik yg ada di Kalimantan," ujarnya dalam keteranga tertulis, dikutip pada Kamis (5/10/2023).

Baca juga: DPR Setujui RUU IKN, Menteri PPN: Ini Pertama Kali RI Punya UU Khusus tentang Ibu Kota Negara

 


Direktur Investasi dan Kemudahan Berusaha Otorita IKN Indra Yuwana menyambut baik investasi ini lantaran membuktikan investor dalam negeri mendukung program pemerintah dalam pembangunan IKN.

"Saya menyambut baik dan apresiasi atas kunjungan Mayapada Group untuk meninjau lokasi lahan RS. Kehadiran Pak Dato Tahir menunjukkan keseriusan dalam minat Investasi," ucap Indra.

Dalam kunjungannya, Dato Sri Tahir ditemani oleh Deputi Bidang Pengendalian Pembangunan, Thomas Umbu Pati Tena Bolodadi dan Indra Yuwana.

"Dalam waktu yang tidak terlalu lama, pembangunan RS Mayapada segera terwujud untuk melayani masyarakat di IKN," kata Thomas.

Baca juga: Mayapada Healthcare Dapat Fasilitas Pembiayaan dari IIF Senilai Rp 500 Miliar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com