Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UMKM Bisa Perluas Distribusi Penjualan dengan Ekosistem Logistik

Kompas.com - 07/10/2023, 13:26 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan jasa ekspedisi PT Lion Express (Lion Parcel) memperkenalkan ekosistem logistik, mulai dari jasa pengiriman, layanan fulfilment, hingga platform one click check out untuk mempermudah transaksi online bagi UMKM.

Chief Marketing Officer Lion Parcel Kenny Kwanto menjelaskan, Lion Parcel menghadirkan layanan logistik secara end-to-end mulai dari bisnis utama sebagai penyedia jasa kirim, layanan sewa gudang atau fulfilment bernama LILO, hingga platform digital one click check out Diklik.id.

"Ekosistem logistik merupakan upaya Lion Parcel menjadi partner bagi pelaku usaha dalam mempermudah operasional dan mengembangkan bisnis mereka," kata dia dalam keterangan resmi, Sabtu (7/10/2023).

Baca juga: Tertarik Jadi Agen Lion Parcel? Ini Syarat dan Ketentuannya

Ilustrasi UMKM memanfaatkan ekosistem logistik untuk pengiriman barang. SHUTTERSTOCK/GORODENKOFF Ilustrasi UMKM memanfaatkan ekosistem logistik untuk pengiriman barang.

Ia menjelaskan, layanan pengiriman Lion Parcel memiliki cakupan hingga 98 persen area di Indonesia dan 51 negara internasional.

Layanan itu didukung oleh lebih dari 15.000 kurir antar, 3.000 armada, dan akses ke lebih dari 350 armada penerbangan Lion Group.

Tak hanya itu Kenny menjelaskan, Lion Parcel menghadirkan layanan fulfilment bernama LILO untuk pelaku usaha termasuk UMKM yang membutuhkan fasilitas pergudangan.

LILO juga menawarkan layanan Warehouse Management System (WMS) dan Order Management System (OMS) untuk membantu pelaku usaha mengelola bisnisnya, mulai dari monitoring stok barang, memproses pesanan, sampai pengiriman kepada pelanggan.

Baca juga: Lion Parcel Targetkan Peningkatan Volume Pengiriman 45 Persen di 2023

Selain itu, Lion Parcel meluncurkan platform one click check out bernama Diklik.id yang dapat diakses secara gratis oleh para pelaku usaha khususnya social commerce. Diklik.id disebut mempermudah dan mempercepat transaksi online dengan tautan produk untuk proses check out.

"Platform ini memungkinkan seller lebih produktif tanpa harus memproses order secara satu per satu dari masing-masing pelanggan," sebut Kenny.

Sebagai informasi, volume pengiriman Lion Parcel sampai semester I-2023 meningkat 20 persen secara tahunan dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com