Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Imbas Kekeringan, Serapan Pupuk NPK Bersubsidi di NTT Belum Maksimal

Kompas.com - 07/10/2023, 12:51 WIB
Hamzah Arfah,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com - Menyambut musim tanam Oktober 2023 hingga Maret 2024, perwakilan dari Petrokimia Gresik mulai blusukan ke gudang-gudang, distributor, kios dan petani yang berada di beberapa daerah di Indonesia.

Blusukan perdana dalam kesempatan kali ini dilakukan oleh Direktur Operasi dan Produksi Petrokimia Gresik Digna Jatiningsih, tanggal 3 hingga 6 Oktober 2023 di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Digna melihat kesiapan perusahaan menyambut musim tanam baru, serta menyapa langsung petani setempat.

Baca juga: Beri Jaminan Penyediaan Pupuk Nonsubsidi, Petrokimia Gresik Klaim Bantu 21.403 Petani

Ilustrasi pupuk NPK. SHUTTERSTOCK/CRINIGER OLIO Ilustrasi pupuk NPK.

"Kondisi di NTT berbeda dengan daerah lain. Penebusan pupuk bersubsidi di sini masih belum optimal. Hingga Agustus 2023, tercatat hanya 39 persen petani yang melakukan penebusan pupuk bersubsidi NPK Phonska," ujar Digna, melalui keterangan tertulis, Jumat (6/10/2023).

"Kekeringan mulai dari Bulan April kemarin, menjadi salah satu penyebabnya. Karena itu, kekeringan yang diprediksi akan berlangsung hingga Desember ini harus ada solusinya," imbuh Digna.

Dalam upaya mencari solusi atas permasalahan tersebut, Digna juga sempat menemui Dinas Pertanian Provinsi NTT. Termasuk, memberikan edukasi kepada para petani untuk mendapatkan hasil panen yang optimal.

Di antaranya, melalui pemupukan berimbang, layanan mobil uji tanah, pengenalan produk baru dan produk non subsidi Petrokimia Gresik.

Baca juga: Petrokimia Gresik Permudah Petani Beli Pupuk Online di Petromart

"Agar mudah dipahami petani, edukasi Petrokimia Gresik juga dilakukan melalui demonstration plot di dua titik lahan yang ada di Desa Waturaka, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende," kata Digna.

"Selain itu, petani yang hadir dalam sosialisasi juga mendapatkan satu zak NPK Phonska Plus, sehingga mereka dapat melihat langsung kualitas dari pupuk non subsidi Petrokimia Gresik," ucap dia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com