Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Hemat dan Untung Saat Belanja di Harbolnas 10.10

Kompas.com - 10/10/2023, 10:10 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Harbolnas 10.10 menjadi hari belanja yang dinanti-nanti masyarakat lantaran banyaknya promo dan diskon yang ditawarkan.

Apabila Harbolnas dimanfaatkan dengan baik, hal ini membuat kamu lebih hemat lantaran bisa menyimpan selisih harga barang untuk ditabung, dan lebih untung bila ada tawaran cashback.

Selain itu, hari belanja setiap bulan ini jangan sampai membuat kamu kalap dan terjebak dalam kebiasaan belanja impulsif.

Baca juga: Harbolnas 10.10, Simak Daftar Promo dari BRI

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui laman resminya memberikan tips agar belanja online bisa menguntungkan dan tetap aman, yuk ikuti tips berikut ini:

1. Periksa spesifikasi barang

Carilah produk yang memiliki spesifikasi bahan dan kualitas sesuai dengan kebutuhan. Tidak perlu mengedepankan merek, yang terpenting produk yang dibeli berguna sesuai dengan kebutuhan.

2. Periksa harga

Pastikan selalu harga barang sebelum membeli, sesuaikan dengan dana yang dimiliki. Kamu dapat membandingkan harga produk dari beberapa merek dagang/toko.

3. Membaca testimoni

Testimoni dan review pelanggan dapat memberikan gambaran mengenai kualitas produk yang ingin kamu beli dan pelayanan toko. Tips ini penting agar terhindar dari produk berkualitas buruk atau penipuan toko online.

4. Hindari berbelanja dengan PayLater

Ingat membeli barang dengan PayLater berarti berutang, jangan membiasakan diri membeli sesuatu secara berutang apalagi jika tidak memiliki kemampuan untuk melunasi.

5. Membeli produk dari toko resmi

Jangan mudah tergiur dengan tawaran harga murah atau hadiah saat belanja online, cek keaslian toko dan pastikan melakukan transaksi pembayaran melalui kanal resmi.

Baca juga: Paylater BCA Tawarkan Limit Kredit sampai Rp 20 Juta, Promo Bunga 0 Persen

6. Jangan meminjamkan akun e-commerce kepada sembarang pihak

Akun e-commerce ibarat aplikasi keuangan, bersifat pribadi dan tidak boleh dibagikan kepada sembarang pihak. Meminjamkan akun e-commerce bisa berisiko penyalahgunaan akun untuk melakukan transaksi belanja atau penggunaan PayLater tanpa persetujuan.

7. Waspada dengan modus penipuan

Jangan memberikan data pribadi berupa KTP/One Time Password (OTP) kepada pihak tidak dikenal atau waspada terjebak penipuan berkedok belanja COD (cash on delivery). Jika mendapatkan barang COD, segera verifikasi kebenaran transaksi sebelum melakukan pembayaran.

Demikian tips hemat berbelanja saat Harbolnas dari OJK. Sikapi keuanganmu untuk berbelanja produk UMKM.

Baca juga: Lima Cara Hemat Belanja Online agar Gaji Tak Numpang Lewat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com