Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Kemanan Siber di Indonesia Berpotensi Tembus 3,39 Miliar Dollar AS pada 2028

Kompas.com - 15/10/2023, 19:00 WIB
Rully R. Ramli,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar keamanan siber di Indonesia diproyeksi terus berkembang di tahun mendatang. Hal ini selaras dengan tingginya kebutuhan perlindungan dari serangan siber.

Berdasarkan data Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), selama periode Januari 2023 hingga Juli 2023, telah terjadi lebih dari 204 juta aktivitas internet yang mencurigakan di internet Indonesia.

Pihak yang kerap menjadi korban serangan di Indonesia adalah instansi pemerintah (22 persen dari total serangan terhadap organisasi) dan perusahaan industri (9 persen).

Dengan melihat tren tersebut, perusahaan penyedia layanan cloud di Indonesia, PT Cloud Hosting Indonesia atau IDCloudHost memproyeksi pasar keamanan siber di Indonesia akan mencapai 2,05 miliar dollar AS tahun ini. Angka itu akan terus tumbuh hingga mencapai 3,39 miliar dollar AS pada 2028.

Baca juga: Permintaan Jasa Keamanan Siber Melonjak Imbas Maraknya Pembobolan Data

CEO IDCloudHost Alfian Pamungkas Sakawiguna mengatakan, serangan aplikasi web adalah salah satu penyebab paling umum dari insiden keamanan informasi. Kerusakan yang diakibatkannya bisa sangat serius, sehingga organisasi harus mempertimbangkan risiko yang terkait dengannya.

Oleh karenanya, IDCloudHost menjalin kolaborasi dengan perusahaan keamanan siber asal Rusia, StormWall, untuk membawa inovasi dan keamanan data bagi pelanggannya di wilayah layanan Asia Tenggara. Selain itu IDCloudHost bermitra dengan perusahaan platform asal Estonia, Warren, untuk menghadirkan layanan cloud.

"Kami tidak hanya ingin menjadi pengguna layanan raksasa teknologi, melainkan menenempuh jalur yang berbeda, berkolaborasi, melakukan alih teknologi dan mengembangkan layanan digital yang inovatif dengan kecanggihan teknologi global dengan kearifan lokal," tutur Alfian, dalam keterangannya, Minggu (15/10/2023).

"Semua ini, kami lakukan untuk memberi kenyamanan bagi pelanggan kami," sambungnya.

Baca juga: Begini Pesan Konsultan Keamanan Siber agar Terhindar dari Kejahatan Carding


Lebih lanjut ia mengklaim, kolaborasi yang dilakukan perusahaan akan memastikan bahwa pelanggan IDCloudHost memiliki perlindungan yang lebih kuat terhadap serangan siber yang semakin kompleks.

Menurutnya, masalah keamanan siber semakin meningkat, terutama di Asia Tenggara dan Indonesia. Ancaman serangan siber semakin canggih dan dengan meningkatnya serangan siber terhadap perusahaan-perusahaan di kawasan.

"Ini telah menekankan pentingnya investasi dalam keamanan siber yang andal," ucap Alfian

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com