Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank DKI Dukung Upaya OJK Tingkatkan Literasi Keuangan Syariah

Kompas.com - 16/10/2023, 16:22 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus memperkuat literasi keuangan syariah.

Kali ini dilakukan dengan mengoptimalisasi peran ibu sebagai duta literasi keuangan syariah melalui penyelenggaraan program Sahabat Ibu Cakap Literasi Keuangan Syariah (Sicantiks).

Program Sicantiks sebelumnya telah diluncurkan OJK di Bandung pada 14 September 2023, yang dirancang untuk mendorong hadirnya Duta Literasi Perempuan Keuangan Syariah. Salah satunya dengan memberikan pelatihan literasi keuangan secara berkelanjutan kepada Key Opinion Leader (KOL) atau berbasis komunitas.

Baca juga: Pertumbuhan Pengusaha Bakal Dorong Pangsa Pasar Keuangan Syariah

Ilustrasi perbankan syariah, keuangan syariah.SHUTTERSTOCK/BAKHTIAR ZEIN Ilustrasi perbankan syariah, keuangan syariah.

Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica Widyasari Dewi menjelaskan, hadirnya program Sicantiks diharapkan dapat meningkatkan literasi.

"Mencakup pengetahuan terkait produk keuangan syariah serta perencanaan dan manajemen keuangan keluarga, memberdayakan ibu-ibu sebagai agen edukasi yang dapat berbagi pengetahuan kepada masyarakat yang lebih luas, serta mendorong ibu-ibu untuk turut memanfaatkan produk dan layanan keuangan syariah sebagai upaya dalam meningkatkan inklusi," kata Friderica dalam keterangannya, Senin (16/10/2023).

Membersamai momen tersebut dan sebagai wujud dukungan mendorong literasi keuangan syariah, Bank DKI melalui Unit Usaha Syariah turut berpartisipasi diantaranya dengan memberikan edukasi mengenai literasi keuangan syariah dan mengenalkan berbagai produk keuangan digital syariah.

Direktur Teknologi & Operasional merangkap Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Bank DKI, Amirul Wicaksono mengatakan, partisipasi dalam program Sicantiks OJK merupakan bukti nyata dari komitmen Kami untuk mendukung perkembangan literasi keuangan syariah di Indonesia.

Baca juga: Sederet Upaya OJK Tingkatkan Pangsa Pasar Keuangan Syariah

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com