Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Pertanyaan Keuangan yang Harus Diajukan ke Pasangan Sebelum Menikah

Kompas.com - 17/10/2023, 09:14 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebelum menikah, mungkin Anda sudah mengenal pasangan secara mendalam. Namun, tidak peduli seberapa dalam Anda mengenal pasangan, pembicaraan tentang keuangan perlu dilakukan sebelum menikah.

Meskipun membicarakan tentang uang pada setiap tahap hubungan adalah hal yang berguna, ada beberapa pertanyaan yang perlu diajukan sebelum menikah.

Dikutip dari Well and Good, Selasa (17/10/2023), secara hukum, pendapatan dan utang Anda dan pasangan akan saling terkait.

Baca juga: 9 Anggaran yang Harus Dipersiapkan Setelah Menikah

Ilustrasi menikahUnsplash Ilustrasi menikah

Menikah dan mungkin membangun keluarga bisa melibatkan banyak topik keuangan, seperti membeli properti, memiliki anak dan membiayai mereka kuliah, serta mencari tahu bagaimana Anda ingin menghabiskan masa pensiun dan bagaimana Anda mampu melakukannya,” ujar Lisa Fischer, chief lending and growth officer di fintech Mission Lane.

Dalam konteks tersebut, hanya mengasumsikan bahwa pasangan akan selaras dengan nilai finansial Anda tanpa menanyakan pertanyaan keuangan secara langsung adalah sebuah pertaruhan besar.

Dalam survei tahun 2019 yang dilakukan oleh SunTrust, 88 persen responden yang pernah atau sedang menikah mengatakan bahwa mereka menganggap penting untuk mendiskusikan keuangan sebelum menikah.

Namun, dalam survei yang sama, hanya 51 persen yang melaporkan melakukan hal tersebut, yang mencerminkan keengganan untuk terbuka mengenai keuangan.

Baca juga: Hasil Studi: Konsumen yang Telah Menikah dan Memiliki Anak Lebih Suka Berbelanja

Menurut Megan Ford, PhD, LMFT, terapis keuangan di aplikasi kesehatan finansial Stackin, pasangan Anda mungkin memiliki proses berpikir dan praktik yang berbeda dengan uang.

"Jadi daripada melakukan interaksi dengan niat untuk mengoreksi, mengubah, atau meyakinkan, lakukan percakapan dengan pola pikir bahwa Anda ada di sana untuk mempelajari lebih lanjut tentang mereka," saran Ford.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com