Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tips Mengatur Keuangan untuk "Fresh Graduate"

Kompas.com - 02/11/2023, 12:26 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber US News

JAKARTA, KOMPAS.com - Lulus kuliah adalah gerbang menuju dunia baru yang penuh peluang dan tanggung jawab. Kemungkinan besar Anda akan memulai karier, keluar dari kampus, dan menjadi mandiri secara finansial.

Untuk membantu Anda mengendalikan keuangan, berikut beberapa tips mengatur keuangan untuk fresh graduate alias lulusan baru, dikutip dari US News, Kamis (2/11/2023).

1. Membuat anggaran bulanan

Langkah pertama dalam mengatur keuangan adalah memahami dari mana uang itu datang dan ke mana perginya. Menetapkan dan mematuhi anggaran bulanan sangat penting untuk kesehatan keuangan jangka panjang.

Baca juga: 6 Cara Mengatur Keuangan dengan Gaji Magang

Ilustrasi tips mengatur keuangan. Ilustrasi tips mengatur keuangan.

Karena Anda adalah generasi yang melek teknologi, Anda bisa memanfaatkan ponsel dengan mengunduh aplikasi keuangan pribadi gratis untuk melacak pengeluaran, saldo rekening, dan kredit secara otomatis.

2. Memahami biaya hidup

Ketika Anda meninggalkan kehidupan kampus, Anda akan mengetahui betapa cepatnya pengeluaran dapat bertambah.

Mulai dari utilitas, transportasi, hingga sewa, Anda tiba-tiba akan menghadapi banyak pengeluaran bulanan yang sebelumnya tidak berarti atau bahkan tidak ada sama sekali.

Pastikan Anda mempertimbangkan pengeluaran baru ini saat menetapkan anggaran bulanan dan memahami bagaimana biaya akan bervariasi berdasarkan paket layanan dan waktu dalam setahun, sehingga memungkinkan diri Anda membuat keputusan keuangan cerdas yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga: Catat, Tips Mengatur Keuangan untuk Freelancer

3. Rencanakan pensiun

Meskipun masa pensiun tampaknya masih lama karena Anda baru saja mulai bekerja, tidak ada kata terlalu dini untuk mulai menabung. Otomatiskan tabungan sehingga sebagian dari setiap gaji langsung masuk ke rekening tabungan pensiun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com