Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Pengusaha Ini Masuk Tim Kampanye Prabowo-Gibran

Kompas.com - 08/11/2023, 12:52 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka resmi diumumkan di Hotel Grand Kemang, Jakarta, Senin (6/11/2023).

Sejumlah pengusaha masuk struktur TKN Prabowo-Gibran yang terdiri dari koordinator relawan, pembina, pengarah, dan penasihat. Berikut daftar pengusaha yang masuk susunan TKN Prabowo-Gibran.

1. Aburizal Bakrie (Dewan Pembina)

Aburizal Bakrie atau akrab disapa Ical merupakan pengusaha Indonesia yang juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum Partai Golkar.

Baca juga: Tiga Petinggi BUMN Mundur Usai Gabung TKN Prabowo-Gibran

Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie saat ditemui di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Sabtu (10/6/2023). KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie saat ditemui di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Sabtu (10/6/2023).

Dilansir laman resmi Kementerian Koordinator Perekonomian, ia pernah menjabat sebagai Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat dalam Kabinet Indonesia Bersatu.

Ia juga pernah menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dalam kabinet yang sama, tetapi posisinya berubah dalam perombakan yang dilakukan presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 5 Desember 2005.

Pada tahun 2004, Ical memutuskan untuk mengakhiri karier di dunia usaha setelah mendapat kepercayaan sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Kabinet Indonesia Bersatu.

Riwayat karier Ical di antaranya, Direktur utama PT Bakrie Nusantara Corporation, Komisaris Utama Kelompok Usaha Bakrie, Presiden Forum Bisnis ASEAN, Presiden Asean Chamber of Commerce & Industry, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) bidang Industri dan Industri Kecil, dan Ketua Umum Kadin.

Baca juga: Budiman Sudjatmiko Mundur dari Komisaris PTPN V Usai Gabung TKN Prabowo-Gibran

2. Rosan Roeslani (Ketua)

Rosan merupakan seorang pengusaha. Rosan merintis usaha bersama dua sahabatnya, antara lain Sandiaga Uno yang sekarang menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendirikan PT Republik Indonesia Funding alias Finance Indonesia yang merupakan perusahaan penasihat keuangan (financial advisors).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com