Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Strategi Digital Marketing untuk Mendongkrak Bisnis

Kompas.com - 13/11/2023, 11:11 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Rangga Septio Wardana dan Brigitta Valencia Bellion

KOMPAS.com - Perkembangan teknologi telah memberikan kemudahan di hampir segala aspek kehidupan. Hal itu pun berdampak pada lini bisnis yang telah menerapkan strategi digital marketing atau pemasaran secara digital.

Digital marketing merupakan metode pemasaran yang kini diutamakan banyak perusahaan.

Metode ini ampuh untuk membangkitkan awareness, minat, dan penjualan produk atau layanan yang sedang ditawarkan melalui jalur digital seperti media sosial, situs web, search engine, email, dan lainnya.

Namun agar optimal, metode ini harus dipahami secara mendalam dengan strategi yang tepat agar efektif terhadap bisnis yang sedang dijalankan. Hal ini pun dibahas dalam siniar Obsesif episode “Be Bold, Be Creative! - Unlearning Marketing with Dian Gemiano & Damon Hakim” melalui tautan akses s.id/ObsesifCreative.

Sekilas Tentang Digital Marketing

Arasy Alimudin dan Gatot Purwantoro dalam buku bertajuk Digital Marketing untuk UMKM (2022) berpendapat bahwa digital marketing adalah kegiatan pemasaran yang dilakukan untuk mempromosikan brand atau produk melalui media digital (internet).

Baca juga: 4 Strategi Membangun Bisnis di Era Digital

Melansir Forbes, peluncuran World Wide Web pada tahun 1989 membuka jalan bagi munculnya pemasaran digital.

Perkembangan situs web bisnis, kemajuan teknologi email, dan pengenalan saluran sosial yang sangat populer telah memicu pertumbuhan pesat dalam pemasaran digital.

Digital marketing kini menjadi kunci bagi strategi pemasaran sebagian besar bisnis karena meluasnya penggunaan teknologi digital.

Mengapa Digital Marketing Penting?

Melansir Forbes, digital marketing adalah tempat berkumpulnya pelanggan ideal. Menurut penelitian Statista pada 2023, terdapat 5,19 miliar pengguna internet dan 4,88 pengguna media sosial di seluruh dunia.

Dari jumlah tersebut, rata-rata pengguna internet menghabiskan 6 jam 40 menit untuk online dalam setiap harinya. Data tersebut menghadirkan peluang bagi bisnis yang ingin mendapatkan visibilitas atas barang dan jasa mereka.

Digital marketing menawarkan peluang untuk terhubung dengan pelanggan potensial. Hal ini tentu menjadi hal yang penting bagi banyak perusahaan.

Jenis dan Strategi Digital Marketing

Social Media Marketing

Pemasaran melalui media sosial adalah salah satu bentuk digital marketing yang paling populer. Menurut Forbes, lebih dari 308 juta orang di Amerika Serikat mengakses media sosial setidaknya sekali dalam sebulan.

Media sosial menjadi sumber informasi utama bagi 78 persen pengguna internet dan hampir separuh konsumen AS melaporkan bahwa mereka melakukan pembelian melalui media sosial.

SEO (Search Engine Optimization)

SEO adalah proses pengoptimalan situs web sehingga mesin pencari dapat memberi peringkat tinggi di halaman hasil mesin pencari (SERP).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com