Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Pesan Wapres untuk Industri Asuransi Syariah

Kompas.com - 16/11/2023, 19:30 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menyampaikan tiga pesan untuk industri asuransi syariah. Hal tersebut bertujuan agar industri asuransi syariah tetap dapat memenuhi ekspektasi dan menjaga kepercayaan publik.

"Ke depan, tantangan industri asuransi akan semakin kompleks. Masyarakat maupun entitas terus membutuhkan mitra pengelola risiko yang dapat diandalkan dan dipercaya," terang dia dalam acara Allianz Syariah Grand Launching, Kamis (16/11/2023).

Menurut dia, pertama-tama perusahaan asuransi harus menjalankan prinsip tata kelola yang baik dalam dunia perasuransian.

Baca juga: Saat Maruf Amin Singgung Pasar Tanah Abang yang Sepi...

Perusahaan asuransi perlu memastikan tata kelola industri dan perusahaan asuransi tetap dalam koridor otoritas yang berlaku.

Di satu sisi, inovasi produk-produk baru asuransi perlu didorong, tetapi tetap dilaporkan dan berizin resmi dari otoritas.

"Aspek kejujuran, keterbukaan, akuntabilitas, dan perlindungan nasabah juga merupakan prinsip-prinsip yang senantiasa harus dikedepankan," imbuh dia.

Baca juga: Wapres Maruf Amin Ungkap 3 Tantangan yang Akan Dihadapi Indonesia pada 2024

Kedua, perusahaan asuransi diharapkan tetap menjaga aspek kehati-hatian dalam pengelolaan risiko.

Itu karena perekonomian global masih tidak menentu, sehingga diperlukan perhitungan dan kecermatan ekstra saat menentukan investasi pada aset.

"Hindari aset-aset berisiko tinggi. Pastikan kesehatan keuangan perusahaan asuransi tetap terjaga," kata dia.

Perusahaan asuransi diharapkan dapat mengelola keuangan perusahaan secara efisien dan saksama, tetapi tetap lincah dan adaptif terhadap perkembangan dan kebutuhan masyarakat.

Baca juga: Luhut Minta Para Menteri Tunjukkan Kinerja Maksimal di Periode Akhir Jokowi-Maruf Amin

Ketiga, Ma’ruf meminta perusahaan asuransi menjaga penerapan prinsip syariah dalam seluruh produk dan layanan kepada masyarakat.

Pelaku industri asuransi harus terus mengusung nilai-nilai kebaikan syariah dalam menjalankan setiap aspek bisnisnya, serta menjamin keamanan, dan kenyamanan nasabah.

"Kita harapkan nantinya semakin banyak masyarakat memilih asuransi syariah bukan semata untuk memenuhi tuntunan agama, melainkan karena meyakini keunggulan produk dan layanannya," tandas dia.

Baca juga: Wapres Maruf Amin Anggap Aneh Larangan Pramugari Pakai Jilbab

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com