Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mentan Amran Akan Tanam Cabai di Kawasan "Food Estate" Humbahas

Kompas.com - 20/11/2023, 13:30 WIB
Elsa Catriana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengungkapkan, pihaknya akan menanam cabai di kawasan food estate yang berada di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara (Sumut).

Mentan Amran menuturkan, selama ini jenis tumbuhan hortikultura yang ditanam di sana adalah kentang. Namun, penanaman cabai di sana menurut dia akan berhasil.

"Hortikulturanya kentang ya, tapi rencana tanam cabai," ujarnya kepada media saat ditemui di kantornya di Jakarta, Senin (20/11/2023).

Baca juga: Beri Contoh Demplot di Sumut, Jubir Luhut Jelaskan Perkembangan Proyek Food Estate

Mentan Amran menuturkan, dari jumlah luas kawasan food estate yang mencapai ribuan hektar, rencananya yang dipergunakan untuk menanam cabai seluas 200 hektar.

Sementara ihwal bibitnya, Kementerian Pertanian akan menyalurkan langsung secara gratis untuk dibagikan ke petani di sana. Dengan upaya tersebut, dia berharap persoalan mahalnya harga cabai dan keberadaan stoknya tidak terkendala untuk tahun depan.

"Nanti langsung tim turun, nanti hasil kerjanya seperti apa, tindak lanjutnya seperti apa agar ini bergerak lebih cepat lagi," kata dia.

Baca juga: Food Estate Disebut Kejahatan Lingkungan, Ini Kata Mentan

 


Untuk diketahui, pengembangan kawasan food estate merupakan konsep pengembangan pangan yang dilakukan secara terintegrasi yang dikembangkan oleh pemerintah sebagai bagian dari upaya meningkatkan ketahanan pangan nasional dalam jangka panjang.

Khusus Food Estate di Humbahas, produk hortikultura yang ditanamam adalah produk yang rentan menyumbang inflasi nasional, utamanya bawang merah, bawang putih, dan kentang.

Semula proyek lumbung pangan ini dikelola oleh Kementerian Pertanian (Kementan), tetapi kini beralih ke Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman (Kemenko Marves) secara bertahap.

Baca juga: Percepat Tanam Padi di Lahan Rawa, Mentan Amran Optimistis Tak Ada Impor Beras Pada 2024

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com