Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Jazak Yus Afriansyah
Trainer

Author, Coach, Trainer.
Master of Technology Management.

Menguatkan Pertumbuhan dengan Teknik Penjualan Konsultatif (Bagian II)

Kompas.com - 22/11/2023, 15:45 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

PADA artikel pertama, kita memahami peranan penting penjualan secara umum terhadap pertumbuhan bisnis perusahaan.

Pada artikel kedua ini, kita perdalam dengan kontribusi penjualan konsultatif SMART atau dikenal dengan SMART Consultative Selling Strategic Contribution secara khusus terhadap penguatan pertumbuhan bisnis perusahan secara berkelanjutan.

Baca juga: Menguatkan Pertumbuhan dengan Teknik Penjualan Konsultatif (Bagian I)

Beberapa kontribusi sangat penting SMART Consultative Selling sangat relevan dan dibutuhkan dalam situasi saat ini.

Kita mulai dengan kontribusi pertama, SMART Consultative Selling dikembangkan mengacu kepada pendekatan berpusat pada pelanggan atau Customer Centricity Approach.

Penjualan konsultatif sangat berfokus pada pemahaman kebutuhan, tantangan, dan tujuan pelanggan yang kuat dan akurat.

Di situasi pasar dan lingkungan bisnis kompetitif saat ini, pelanggan telah memiliki akses ke banyak saluran dan sumber informasi dan akhirnya mereka memiliki pilihan melimpah.

Dengan mengadopsi pendekatan penjualan konsultatif, tenaga penjual profesional (professional salesperson) dapat membangun kepercayaan dengan cepat, membangun kredibilitas dengan kuat di mata pelanggan, sekaligus mampu membedakan diri mereka dengan para pesaing.

Mereka sanggup menghadirkan nilai tambah dengan memberikan solusi tepat yang disesuaikan dengan kebutuhan khusus pelanggan.

Kontribusi kedua adalah SMART Consultative Selling akan memampukan professional salesperson membangun hubungan jangka panjang atau long term relationship dengan pelanggan.

Lanskap bisnis saat ini menekankan hubungan pelanggan jangka panjang daripada transaksi jangka pendek.

Penjualan konsultatif memungkinkan profesional penjualan melampaui penjualan satu kali dengan bertindak sebagai penasihat tepercaya.

Dengan memahami bisnis, industri, dan sasaran pelanggan, professional salesperson dapat menawarkan dukungan berkelanjutan, membina hubungan, dan memastikan kepuasan pelanggan yang mengarah ke bisnis berulang dan rujukan potensial.

Kita tahu pertumbuhan penjualan berbanding lurus dengan pertumbuhan pelanggan baru yang siginifikan.

Kontribusi ketiga mengapa SMART Consultative Selling ini sangat berharga bagi perusahaan adalah penciptaan nilai atau value creation. Hal ini karena penjualan konsultatif difokuskan pada penciptaan nilai bagi pelanggan.

Esensi utama dari SMART Consultative Selling, professional salesperson akan terlibat dalam percakapan bermakna serta berdampak untuk mengidentifikasi masalah pelanggan dan menawarkan solusi spesifik yang disesuaikan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com