Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laba Bersih XL Tumbuh 4 Persen Menjadi Rp 1 Triliun

Kompas.com - 22/11/2023, 16:39 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - PT XL Axiata Tbk (EXCL) mencatatkan pertumbuhan laba bersih sebesar 4 persen menjadi Rp 1,01 triliun pada kuartal III-2023, dibandingkan periode sama tahun 2022 sebesar Rp 981 miliar. Adapun pendapatan pada kuartal III-2023 mencapai Rp 23,8 triliun atau tumbuh 10 persen dibanding periode sama tahun sebelumnya Rp 21,5 triliun.

Presiden Direktur & CEO EXCL Dian Siswarini mengatakan, EBITDA tumbuh 13 persen YoY menjadi Rp 11,76 triliun, dan EBITDA Margin menjadi 49 persen. Sementara itu, laba bersih setelah dinormalisasi (NPAT) mencapai Rp 1,02 trilun.

“Pendapatan data dan layanan digital mencapai Rp 21,72 trilun, atau sekitar 91% dari total pendapatan. Selanjutnya, XL Axiata semakin optimis dengan masa depan bisnis layanan Fixed Broad Band (FBB) dan Fixed Mobile Convergence (FMC) di mana bisnis tersebut terus menunjukkan pertumbuhan yang sangat positif,” ujar Dian dalam siaran pers, Rabu (22/11/2023).

Baca juga: Pengin Listrik di BTS Makin Irit, XL Axiata Teken Kerja Sama Smart Metering dengan PLN

Dia mengungkapkan, situasi dan kondisi industri telekomunikasi nasional yang terus menantang serta kompetisi yang terus berlangsung ketat hingga saat ini, mampu dijawab dengan pencapaian kinerja yang cukup menggembirakan.

Di periode sembilan bulan tahun ini, XL Axiata tetap mampu mencetak tingkat profitabilitas yang tumbuh positif dibandingkan hasil pencapaian di periode yang sama tahun lalu.

“Tantangan ke depan tentunya tidak akan lebih ringan. Untuk itu, berbagai inisiatif akan terus kami lakukan, termasuk mendorong dan mengakselerasi pertumbuhan bisnis FBB dan FMC yang hingga saat ini terus menunjukkan pontensi sangat menggembirakan,” lanjut dia.

Baca juga: XL Axiata Raih Laba Rp 657,5 Miliar pada Semester I-2023 


Dian menyebut, hingga kuartal III-2023, tercatat sebanyak 206.000 pelanggan layanan Home, dengan penambahan hingga sebanyak lebih dari 52.000 dalam tiga bulan.

Pencapaian tersebut tidak terlepas dari semakin luasnya jaringan XL SATU Fiber yang kini telah mencapai 75 kota persen kabupaten, termasuk lebih dari 12 kota per kabupaten tambahan dalam tiga bulan terakhir.

Di sisi lain, XL Axiata mampu terus meningkatkan penetrasi layanan konvergensi hingga 69 persen dari pelanggan layanan Home. Dengan total jumlah pelanggan mencapai 57,5 juta hingga akhir September 2023, ARPU Mobile XL Axiata tercatat sebesar Rp 40.000 untuk layanan prabayar, Rp 90.000 pascabayar, dan Rp 42.000 blended.

“Peningkatan blended ARPU ini tentunya searah dengan fokus perusahaan untuk meraih dan mempertahankan pelanggan yang produktif,” lanjut dia.

Dari sisi biaya-biaya operasional, XL Axiata berhasil menjaga tingkat stabilitasnya. Bahkan biaya terkait penjualan dan pemasaran bisa ditekan menurun jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, seiring dengan penerapan strategi digitalisasi.

Baca juga: Gandeng XL Axiata, CIMB Niaga Bidik Perluasan Nasabah

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com