Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Perkuat Industri Fintech, Aftech Bersinergi dengan Faspay Gelar Rangkaian Kegiatan BFN 2023

Kompas.com - 22/11/2023, 17:01 WIB
Anissa DW,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Industri financial technology (fintech) dan ekosistem ekonomi digital di Indonesia mengalami pertumbuhan signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

Laporan “SEA e-Conomy 2022” yang dirilis oleh Temasek, Google, dan Bain & Company mencatat, nilai ekonomi digital Indonesia mencapai 77 miliar dollar AS pada 2022. Angka ini diperkirakan meningkat menjadi 130 miliar dollar AS pada 2025.

Seiring dengan peningkatan tersebut, nilai transaksi uang elektronik juga turut meningkat. Laporan Kebijakan Moneter Bank Indonesia Triwulan III 2023 menunjukkan, transaksi uang elektronik di Indonesia mencapai Rp 116,54 triliun dan transaksi QRIS mencapai Rp 56,92 triliun.

Sementara itu, jumlah pengguna sebanyak 41,84 juta dan jumlah merchant 29,04 juta. Adapun sebagian besar merchant pengguna transaksi elektronik merupakan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Dari segi kredit, data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat, jumlah pinjaman peer-to-peer lending per September 2023 mencapai Rp 55,7 triliun atau tumbuh sebesar 14,28 persen secara tahunan (year-on-year/yoy).

Melihat potensi besar ekonomi digital Indonesia tersebut, Asosiasi Fintech Indonesia (Aftech) bersama pelaku industri fintech kembali bersinergi dengan menggelar pelaksanaan Bulan Fintech Nasional (BFN) 2023.

Upaya itu merupakan wujud langkah bersama untuk memperkuat industri fintech dan ekosistem ekonomi digital di Indonesia.

Salah satu anggota Aftech, Faspay, berkomitmen untuk berkontribusi serta berkolaborasi dalam rangkaian BFN 2023. Perusahaan gerbang pembayaran (payment gateway) ini menjadi salah satu sponsor pada penyelenggaraan berbagai kegiatan BFN 2023.

Tahun ini, rangkaian kegiatan BFN diinisiasi oleh Aftech bersama OJK serta Asosiasi Fintech Syariah Indonesia (AFSI). Serangkaian kegiatan akan dilakukan selama satu bulan hingga Selasa (12/12/2023).

Rangkaian kegiatan BFN 2023 dimulai dengan peringatan Hari Fintech Nasional pada Sabtu (11/11/2023). Kemudian, dilanjutkan dengan berbagai kegiatan webinar edukasi dan literasi dengan para ahli di bidang fintech secara online selama satu bulan.

Selain itu, terdapat pula kegiatan offline gathering, seperti Infinity Goes to Campus, KOL gathering, dan media gathering. BFN 2023 juga menghadirkan virtual job fair yang diikuti sejumlah perusahaan fintech ternama untuk menjaring talenta digital muda Indonesia.

Acara peluncuran Bulan Fintech Nasional (BFN) 2023 dan Indonesia Fintech Summit and Expo (IFSE) 2023.dok. Faspay Acara peluncuran Bulan Fintech Nasional (BFN) 2023 dan Indonesia Fintech Summit and Expo (IFSE) 2023.

Untuk semakin menyemarakkan BFN 2023, Aftech mengadakan kampanye digital #SiPalingFintech. Kampanye ini digelar untuk memberikan literasi kepada masyarakat luas terkait ragam produk dan layanan fintech, termasuk fungsi dan risiko penggunaannya.

Kampanye itu diharapkan dapat meningkatkan antusiasme publik untuk lebih mengenal fintech serta menggunakan produk dan layanan fintech yang tepat guna dalam mendukung aktivitas sehari-hari dan menunjang kegiatan bisnis. Utamanya, dalam mendorong digitalisasi UMKM di Indonesia.

Indonesia Fintech Summit and Expo 2023

Sebagai acara puncak perayaan BFN 2023, Aftech menggelar 5th Indonesia Fintech Summit and Expo (IFSE) 2023 yang akan diselenggarakan di The Kasablanka Hall, Mal Kota Kasablanka, Jakarta, Kamis (23/11/2023) dan Jumat (24/11/2023).

Mengusung tema “Accelerating Growth: Promoting Sustainable Integration and Collaboration for a Stronger Digital Economy”, IFSE 2023 menghadirkan 25 sesi Main Conference (Plenary Session) dengan lebih dari 70 pembicara nasional dan internasional.

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com