Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Sentimen Merger dengan TikTok, Ini Rekomendasi Saham GOTO

Kompas.com - 25/11/2023, 12:36 WIB
Kiki Safitri,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) bersama dengan TikTok dikabarkan tengah menjajaki kerja sama. Adapun bentuk kerja sama yang akan dilakukan kedua perusahaan adalah membangun kemabali TikTok Shop.

Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Maximilianus Nico Demus mengatakan, kabar tersebut merupakan kabar baik bagi masyarakat.

Dia bilang, rencana investasi ini akan berbentuk joint venture untuk membangun sebuah platform e-commerce baru bersama dengan Tokopedia.

Baca juga: Sinyal Kuat TikTok Shop Balik, Disebut Mau Merger dengan GoTo hingga Kontak Bukalapak, Tokopedia, CT Corp...

“Kabar baik datang dari ByteDance Ltd di mana TikTok sedang dalam perbincangan untuk berinvestasi di salah satu unit usaha GOTO Group. Rencananya, investasi ini akan berbentuk joint venture untuk membangun sebuah platform e-commerce baru bersama dengan Tokopedia,” kata Maximilianus dalam analisisnya, Jumat (24/11/2023).

Pada hari Kamis, harga saham GOTO melonjak 11,9 persen dan ditutup pada level Rp 94 per lembar saham.

Namun, pada perdagangan hari jumat harga saham GOTO cenderung bergerak stabil dari awal hingga penutupan perdagangan pasar.

“Kami menilai, langkah TikTok merupakan cara untuk mengatasi regulasi yang ditetapkan Kementerian Perdagangan baru-baru ini,” lanjut dia.

Baca juga: Ada Isu Merger dengan Tiktok, Saham GOTO Melesat 11,9 Persen

Sebagai informasi, regulasi ini terkait dengan pemisahan fungsi media sosial dan e-commerce yang menyebabkan TikTok mau tak mau harus menghapus fungsi e-commerce di aplikasinya.

Maximilianus menilai regulasi pemerintah tersebut sangat merugikan TikTok, mengingat Indonesia merupakan pasar pertama dan terbesar bagi TikTok Shop.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com