Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Bocoran Dividen Bank Mandiri Tahun Depan

Kompas.com - 27/11/2023, 14:43 WIB
Kiki Safitri,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Keuangan dan Strategi PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI), Sigit Prastowo memberikan bocoran mengenai dividen kepada para pemegang saham.

Dalam public expose secara virtual, Senin (27/11/2023), Sigit menjelaskan bahwa dalam penentuan dividen, Bank Mandiri mempertimbangkan beberapa faktor. Pertama, permodalan yang sehat dan optimal untuk mendukung pertumbuhan bisnis jangka panjang.

“Selama 4 tahun terakhir, Bank Mandiri telah membagikan dividen dengan pay out ratio sebesar 60 persen. Keputusan ini didasarkan pada analisis internal dalam kerangka strategi permodalan,” kata Sigit.

Baca juga: Gandeng Asosiasi, Bank Mandiri Dorong Ekosistem Kendaraan Listrik Indonesia

Ilustrasi Bank Mandiri. DOK. Humas Bank Mandiri Ilustrasi Bank Mandiri.

Sigit juga mengatakan bahwa Bank Mandiri masih dapat mempertimbangkan dividen pay out ratio sebesar 60 persen untuk menjaga permodalan yang optimal guna mendukung pertumbuhan bisnis.

“Kami secara internal melakukan analisis dalam kerangka capital strategy. Bank Mandiri masih dapat mempertimbangkan dividen pay out ratio ini di level 60 persen dengan menjaga permodalan yang optimal untuk mendukung pertumbuhan bisnis,” jelasnya.

Pada tahun 2023, pembagian dividen Bank Mandiri direncanakan sebesar Rp 24,7 triliun untuk tahun buku 2022, dengan yield sebesar 5,3 persen, serta capital gain saham Bank Mandiri tahun 2022 sebesar 41,3 persen.

Dia menegaskan, Bank Mandiri berkomitmen untuk mempertahankan konsistensi dalam meningkatkan nilai bagi seluruh pemegang sahamnya di masa depan.

Baca juga: Penyaluran Kredit Hijau Bank Mandiri Mencapai Rp 112 Triliun

“Ke depannya kami akan mempertahankan konsistensi Bank Mandiri untuk meningkatkan value kepada seluruh pemegang saham,” tegas dia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com