Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ABMM Fokus Terapkan ESG, Gunakan Biogas dari Cangkang Sawit hingga Konservasi Bakau

Kompas.com - 01/12/2023, 19:22 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT ABM Investama Tbk (ABMM) kembali memperoleh predikat Leadership AAA dalam ESG Disclosure Transparency Awards 2023.

Ini merupakan tahun ketiga perusahaan meraih predikat tersebut lantaran konsisten mengimplementasikan Good Corporate Governance (GCG) terutama dalam hal Environment, Social, & Governance (ESG) melalui melalui Laporan Keberlanjutan (Sustainability Report) yang terbuka untuk publik.

Penghargaan tersebut sekaligus menjadi tolak ukur dari komitmen dan langkah korporasi dalam mempraktikkan ESG di unit bisnisnya. Hal ini juga menjadi upaya dalam membantu pemerintah menuju Indonesia Net Zero Emission (NZE).

Baca juga: Implementasi ESG PGEO Raih Skor Tinggi, Ini Imbas Positif ke Bisnisnya

Ilustrasi Environmental, Social, and Corporate Governance (ESG).SHUTTERSTOCK/DEEMERWHA STUDIO Ilustrasi Environmental, Social, and Corporate Governance (ESG).

“Penerbitan Laporan Berkelanjutan (Sustainability Report) membantu kami untuk mengukur capaian-capain perusahaan, terutama dari perspektif ESG. Pelaporan ini juga menjadi kompas agar kami senantiasa selaras dan dapat berkontribusi pada upaya Pemerintah dalam menurunkan emisi gas rumah kaca secara nasional,” ujar Direktur Utama ABM Investama Andi Djajanegara dalam keterangan tertulis, Jumat (1/12/2023).

Melalui inisiatif ini, sambung Andi, perusahaan berupaya untuk meyakinkan stakeholder bahwa praktik ESG senantiasa dilaksanakan guna meningkatkan daya tahan ekosistem bisnis Grup ABM dalam menghadapi risiko perubahan iklim dan geopolitik global.

Di samping itu, langkah ini sekaligus menjadi komitmen perusahaan untuk memperlihatkan konsistensi penerapan Good Corporate Governance sebagai bentuk tanggung jawab kepada publik.

Sebagai perusahaan investasi energi terintegrasi, ABMM telah mengembangkan bisnis pembangkit listrik energi baru dan terbarukan tenaga biogas yang memanfaatkan limbah cangkang kelapa sawit sebagai salah satu inisiatif adaptasi perubahan iklim.

Baca juga: Jelang IPO, Produsen Sarung Tangan Karet Ini Fokus Terapkan ESG

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com