Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Komitmen Dukung Literasi, Elnusa Petrofin Berpartisipasi dalam Workshop dan Pelatihan Jurnalistik

Kompas.com - 04/12/2023, 15:42 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – PT Elnusa Petrofin (EPN) selaku anak usaha PT Elnusa Tbk (ELSA) berpartisipasi dalam Workshop Literasi dan Pelatihan Jurnalistik yang diselenggarakan oleh Media Padang Ekspress di Auditorium Universitas Negeri Padang (UNP), Sumatera Barat (Sumbar), Sabtu (2/12/2023).

Manager Corporate Communication & Relations Elnusa Petrofin Elnusa Petrofin Putiarsa Bagus Wibowo mengatakan, partisipasi pihaknya dalam workshop tersebut merupakan implementasi nyata dari program corporate social responsibility (CSR) Elnusa Petrofin, yaitu Petrofin Journalist Academy.

“Kami bangga bahwa pada 2023 ini menjadi tahun ketiga penyelenggaraan acara tersebut. (Kegiatan ini) menunjukkan komitmen Elnusa Petrofin terhadap literasi serta sebagai salah satu upaya kami dalam meningkatkan hubungan baik dengan media,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (4/12/2023).

Baca juga: Pengeroyokan Pelajar di Magelang, Berawal dari Saling Tantang di Media Sosial

Putiarsa berharap, peserta kegiatan workshop tersebut, terutama para guru dapat menjadi lebih kreatif dalam berkomunikasi, mengemas, dan menyampaikan pesan dengan efektif.

Sejalan dengan implementasi Sustainable Development Goals (SDGs) dan environment social and corporate governance (ESG), Elnusa Petrofin terus mempertegas komitmennya terhadap CSR dalam bidang literasi dan pendidikan.

Utamanya, berkomitmen dalam memberikan dampak positif kepada peserta workshop dan komunitas pendidikan di Sumbar.

Baca juga: Gunung Marapi di Sumbar Erupsi, Jalur Pendakian Ditutup

Tingkatkan keterampilan komunikasi

PT Elnusa Petrofin (EPN) selaku anak usaha PT Elnusa Tbk (ELSA) berpartisipasi dalam Workshop Literasi dan Pelatihan Jurnalistik yang diselenggarakan oleh Media Padang Ekspress di Auditorium Universitas Negeri Padang (UNP), Sumatera Barat (Sumbar), Sabtu (2/11/2023).DOK. Humas Elnusa Petrofin PT Elnusa Petrofin (EPN) selaku anak usaha PT Elnusa Tbk (ELSA) berpartisipasi dalam Workshop Literasi dan Pelatihan Jurnalistik yang diselenggarakan oleh Media Padang Ekspress di Auditorium Universitas Negeri Padang (UNP), Sumatera Barat (Sumbar), Sabtu (2/11/2023).

Untuk diketahui, workshop dengan tema "Strategi Membangun Mental Milenial di Era Digital" itu telah menarik partisipasi lebih dari 1.500 peserta.

Para peserta terdiri dari guru-guru sekolah tingkat taman kanak-kanak (TK), sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA) atau sekolah menengah kejuruan (SMK) dari kabupaten dan kota di Provinsi Sumbar, serta melibatkan mahasiswa dan akademisi dari UNP.

Workshop tersebut tidak hanya diselenggarakan sebagai perayaan Hari Guru Nasional (HGN), tetapi juga bertujuan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi secara efektif, khususnya dalam literasi jurnalistik. Dalam penyelenggaraannya, workshop ini mendapatkan dukungan dari Dinas Pendidikan (Disdik) Sumbar dan sejumlah Disdik kabupaten/kota.

Adapun pemberi materi dalam kegiatan itu adalah Pemimpin Redaksi (Pemred) Padang Ekspres Rommi Delfiano dan Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Aqua Dipayana, serta Praktisi Literasi Digital Savero Dwipayana yang siap memberikan wawasan mendalam kepada peserta.

Baca juga: Pembicara Mensa Asia Pasifik 2023 di Bali, Mischka dan Devon Berbagi Wawasan Peluang dan Tantangan AI

Dalam acara tersebut, Direktur Utama (Dirut) Padang Ekspres Mhd Nazir Fahmi mengatakan bahwa para guru dapat belajar mengenai pentingnya literasi terhadap pembangunan mental dan bagaimana meningkatkan literasi di kalangan siswa di sekolah.

Sebagai bagian dari inisiatif workshop, para peserta terutama guru memiliki kesempatan untuk mengekspresikan gagasan dan pemikiran mereka melalui kolom khusus di media Padang Ekspres, dalam rubrikasi yang disebut "Laman Guru."

Dengan adanya Laman Guru, diharapkan para guru termotivasi untuk menulis dan menuangkan ide-ide mereka melalui tulisan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com