Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DPR Minta Erick Thohir Lanjutkan Restrukturisasi Keuangan di BUMN

Kompas.com - 05/12/2023, 13:25 WIB
Elsa Catriana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi VI DPR RI meminta Menteri BUMN Erick Thohir melanjutkan restrukturisasi keuangan untuk mempercepat proses penyehatan keuangan BUMN.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Aria Bima dari fraksi PDIP dalam rapat kerja (raker) bersama Kementerian BUMN yang membahas evaluasi kinerja Kementerian BUMN 2023, Senin (4/12/2023).

"Komisi VI meminta Kementerian BUMN melanjutkan restrukturisasi keuangan dan penyehatan BUMN, khususnya pada sektor infrastruktur dan kesehatan," ujar Bima.

Bukan hanya itu, Bima mengatakan, Komisi VI juga meminta Kementerian BUMN di bawah kepemimpinan Erick Thohir untuk melanjutkan penyelesaian proyek infrastruktur, termasuk proyek strategis nasional (PSN).

Baca juga: Anggota Komisi VI DPR Sebut Harga Barang di TikTok Tak Masuk Akal

Bima menilai, keberlanjutan PSN seperti Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), hingga pelabuhan, bakal mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Komisi VI juga meminta Kementerian BUMN untuk melakukan penajaman fokus bisnis guna meningkatkan kontribusi dan penciptaan nilai antara lain pada BUMN pangan dan IBC," kata Bima.

Bima menyampaikan agenda holdingisasi BUMN untuk memperkuat kapasitas keuangan dan keunggulan kompetitif harus menjadi fokus ke depan. Hal ini menyasar pada sejumlah program seperti BUMN aviasi, konsolidasi bisnis data center Telkom, dan Danareksa.

"Komisi VI mendorong Kementerian BUMN melakukan hilirisasi produk BUMN untuk penambahan nilai dan bahan mentah melalui penyelesaian pembangunan kilang dan smelter," kata Bima.

Baca juga: Ini 2 Program Prioritas Wamen Rosan, Proyek Kereta Cepat dan Restrukturisasi BUMN Karya

 


Dalam rapat tersebut, Erick menyampaikan kinerja anggaran Kementerian BUMN di tahun 2023. Dari anggaran sebesar Rp 241,5 miliar, yang sudah terserap sebesar Rp 216,55 miliar atau 89,66 persen.

“Kami janjikan kepada Kemenkeu, pimpinan, anggota Komisi VI yang terhormat, kita akan jaga performa nya di 98-99 persen sampai di akhir tahun nantinya, rencana. Jadi InsyaAllah yang Rp241 miliar ini terserap,” kata Erick.

Ihwal itu, Anggota Komisi VI DPR RI, Herman Khaeron dari Partai Demokrat mengatakan, dirinya melihat adanya progres kemajuan di BUMN dalam beberapa tahun terakhir. Dia pun mengapresiasi kinerja Erick.

"Contohnya soal restrukturisasi keuangan, yang memang sebagian besar dihantam sebelum pandemik, lalu masuk pandemik. Ini tidak mudah, mestinya restrukturisasi ini juga bagian dari tanggung jawab pemerintah," ucap Herman.

Baca juga: Wamen BUMN Pastikan Restrukturisasi Jiwasraya Rampung Akhir Tahun 2023

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com