Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Upaya IDSurvey untuk Bantu Capai Nol Emisi Karbon

Kompas.com - 07/12/2023, 21:04 WIB
Yoga Sukmana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Holding BUMN Jasa Survey yaitu IDSurvey mengaku mendukung upaaya pemerintah dalam mencapai nol emisi karbon atau net zero emissions (NZE). 

Salah satu cara yang dilakukan yakni mendampingi pelanggan dalam melakukan dekarbonisasi untuk menciptakan kredit karbon yang berkualitas dan kredibel.

"IDSurvey mampu melengkapinya dengan layanan EQUATR (konsultasi manajemen dekarbonisasi) yang dimiliki BKI (Biro Klasifikasi Indonesia) berupa layanan pengurangan emisi gas," kata Direktur Hubungan Kelembagaan IDSurvey Andry Tanudjaja, dalam siaran pers, Kamis (7/12/2023).

Baca juga: Dukung Nol Emisi, Bank Mandiri Kurangi Pembiayaan PLTU Batu Bara

Andry mengatakan saat ini semua negara menghadapi tantangan dalam mengatasi perubahan iklim dan degradasi lingkungan. Oleh karena itu kata dia, setiap pohon yang ditanam bisa jadi peluang besar untuk menciptakan masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan.

"Setiap pohon yang kita tanam adalah sumbangan berharga untuk generasi mendatang. Mari kita bersama-sama menjadi agen perubahan untuk dunia yang lebih baik,” kata dia.

Oleh karena itu, IDSurvey melakukan aksi penanaman 2.021 pohon sebagai bagian dari upaya pengurangan emisi gas rumah kaca. Pohon tersebut ditanam di lahan seluas 8,4 hektar di area bekas tambang batu di Gunung Dago Parung Panjang.

Baca juga: Kurangi Emisi di Tambang Batu Bara, Anak Usaha UNTR Bangun PLTS Off-Grid

Diharapkan pohon-pohon tersebut nantinya bisa menyerap karbon dioksida (CO2) dan menghasilkan oksigen sehingga mengurangi jejak karbon saat ini.

Penanaman pohon ini juga menjadi pembuka rangkaian HUT ke-2 IDSurvey. Adapun IDSurvey resmi dibentuk pada 16 Desember 2021 lewat PP No. 66 Tahun 2021.

Baca juga: Nickel Industries Targetkan Pengurangan Emisi 50 Persen pada 2035

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com