Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PII Siap Jamin Utang Proyek di IKN yang Digarap Pemerintah Bersama Pengusaha

Kompas.com - 08/12/2023, 18:01 WIB
Rully R. Ramli,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan usaha khusus (special mission vehicle/SMV) Kementerian Keuangan, PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII) mengaku siap menjamin utang proyek di Ibu Kota Nusantara (IKN) yang digarap dengan skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU).

Direktur Utama PT PII Muhammad Wahid Sutopo menjelaskan, pihaknya sudah menyiapkan skema penjaminan terkait proyek infrastruktur di IKN, sebagaimana diatur dalam peraturan menteri keuangan (PMK).

Ketentuan terkait penjaminan infrastruktur memang sudah diatur dalam PMK Nomor 220 Tahun 2022 tentang Dukungan Pemerintah untuk Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha serta Pembiayaan Kreatif dalam rangka Percepatan Penyediaan Infrastruktur di Ibu Kota Nusantara.

Baca juga: Soal ASN Berkinerja Buruk Akan Dipindah ke IKN, Kepala Otorita: Itu Bercanda Kali...

Suasana pekerjaan proyek pembangunan IKN di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim) November 2023.
KOMPAS.com/ZAKARIAS DEMON DATON Suasana pekerjaan proyek pembangunan IKN di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim) November 2023.
"Untuk IKN (penjaminan) sudah disiapkan skemanya. Untuk IKN ada PMK tersendiri," kata Sutopo, dalam media briefing, di Jakarta, Jumat (8/12/2023).

Lebih lanjut Sutopo bilang, pihaknya memang belum melakukan penjaminan proyek infrastruktur IKN hingga saat ini, akan tetapi pembahasannya sudah dilakukan.

"Karena memang dari sisi tahapan, untuk skema KPBU ini akan berlangsung di tahap berikutnya setelah infrastruktur dasar dilaksanakan," tutur Sutopo.

Sutopo mengklaim, saat ini sudah terdapat sejumlah investor yang menunjukan ketertarikannya untuk berinvestasi di ibu kota baru dengan menggunakan skema KPBU.

Baca juga: Ganjar Kunjungi IKN, Kepala Otorita Sebut Terbuka untuk Semua Capres

"Mulai saat ini sudah dilakukan pembahasan, persiapan-persiapan," ucap Sutopo.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com