Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal ASN Berkinerja Buruk Akan Dipindah ke IKN, Kepala Otorita: Itu Bercanda Kali...

Kompas.com - 08/12/2023, 05:30 WIB
Yohana Artha Uly,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono merespons pernyataan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono soal bakal memindahkan aparatur sipil negara (ASN) yang tidak bekerja dengan baik ke IKN.

Bambang menilai, pernyataan Heru Budi tersebut hanyalah guyonan. Dia pun membantah bahwa IKN Nusantara seolah menjadi tempat buangan bagi para ASN yang tidak berkinerja.

"Bercanda kali (pernyataan Heru Budi). Enggak lah (IKN tempat buangan), kita kan pengen yang pindah itu nanti akan bilang, 'eh pindah itu asyik loh'," ujarnya saat ditemui di Media Center Indonesia Maju, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (7/12/2023).

Baca juga: Menkominfo: Baru 30 Persen ASN yang Bisa Adopsi Cara Kerja Digital

Menurutnya, para ASN yang pindah ke IKN akan mendapatkan banyak fasilitas untuk memenuhi kebutuhan mereka. Saat ini Otoritas IKN pun terus menggenjot pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur itu.

Selain itu, para ASN yang pindah juga akan mendapatkan beragam insentif yang saat ini tengah disusun oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB)

"Jadi tidak hanya dari kami, tapi juga di Kementerian PAN-RB misalnya, itu kan juga sedang mendefinisikan apa-apa saja yang akan diberikan kepada ASN," kata Bambang.

Baca juga: IKN Bakal Dilengkapi Sekolah Kualitas Baik agar ASN yang Berkeluarga Tak Ragu Pindah

 


Ia menjelaskan, nantinya akan tersedia fasilitas kesehatan, pendidikan, tempat nongkrong, hingga rekreasi untuk dinikmati para ASN di IKN.

"Kami sendiri bertekad bahwa yang pindah itu memang nanti fasilitasnya bagus. Jangan sampai fasilitasnya enggak ada," kata dia.

"Jadi kebutuhan sehari-hari akan kami coba untuk sediakan buat mereka yang pindah dan menjadi pionir (di IKN)," imbuh Bambang.

Baca juga: Kala Menpan RB Sebut Banyak ASN Berkinerja Rendah tetapi Sulit Dipecat

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com