Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
E-COMMERCE

Transaksi Produk Lokal di Shopee 12.12 Birthday Sale 2023 Melonjak 10 Kali Lipat

Kompas.com - 14/12/2023, 14:45 WIB
Hotria Mariana,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – Puncak kampanye belanja Shopee 12.12 Birthday Sale 2023 sukses meningkatkan transaksi produk lokal hingga 10 kali lipat daripada hari biasa.

Head of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna mengatakan, kampanye yang juga bagian dari perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-8 Shopee tersebut merupakan bentuk apresiasi terhadap dukungan seluruh ekosistem yang telah bersinergi untuk terus tumbuh dan berkembang bersama.

Ia pun mengaku senang, kampanye tersebut dapat menciptakan dampak positif bagi seluruh ekosistem. Shopee juga berkomitmen untuk terus bisa memberikan manfaat tersebut.

Shopee 12.12 Birthday Sale kali ini tetap berfokus untuk memfasilitasi perluasan pasar demi mendukung bisnis berkelanjutan bagi jenama lokal serta usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Indonesia.

“Tahun ini, kami menyaksikan performa bisnis jenama lokal dan UMKM mengalami pertumbuhan seiring peningkatan antusiasme pengguna terhadap produk lokal, kelengkapan dan rangkaian penawaran menarik dan menguntungkan, serta fitur terkini Shopee yang memberikan ruang berkreasi bagi kreator konten untuk memperluas jangkauannya,” tutur Monica.

Shopee Live dan Shopee Video dongkrak performa produk lokal

Shopee terus berinovasi untuk menghadirkan pengalaman berbelanja yang lebih menarik bagi pengguna, termasuk bagi jenama lokal dan UMKM.

Beberapa inovasi yang dihadirkan adalah Shopee Live dan Shopee Video. Kedua fitur ini memberikan daya tarik tersendiri pada kampanye 12.12 Birthday Sale.

Berkat Shopee Live, transaksi para pelaku usaha meningkat lebih dari 49 kali lipat pada puncak 12.12. Antusiasme tinggi pengguna yang berbelanja lewat fitur live shopping ini membuka peluang lebih besar bagi pelaku usaha lokal untuk meningkatkan performa dan penjualan.

Sementara itu, transaksi melalui fitur Shopee Video mengalami peningkatan 45 kali lipat ketimbang hari biasa. Fitur ini telah menjadi salah satu ruang kreasi bagi UMKM dan jenama lokal untuk memberikan informasi terkait produknya dan hiburan melalui konten menarik.

Kategori fesyen dan kecantikan jadi primadona

Capaian Shopee lewat penyelenggaraan kampanye belanja Shopee 12.12 Birthday Sale 2023. Dok. istimewa Capaian Shopee lewat penyelenggaraan kampanye belanja Shopee 12.12 Birthday Sale 2023.

Pada kampanye 12.12 Birthday Sale, kategori fesyen dan kecantikan masih menjadi favorit pengguna. Produk lokal yang terjual dari kategori fesyen meningkat hingga enam kali lipat, sedangkan kategori kecantikan meningkat lebih dari delapan kali lipat pada puncak kampanye.

Adapun produk lokal dari kategori fesyen dan kecantikan yang menempati posisi teratas sebagai produk yang paling dicari pengguna adalah jeans, jam tangan, kemeja, parfum, lip cream, dan moisturizer.

Peningkatan itu didorong oleh kehadiran berbagai promo menarik yang diberikan Shopee sepanjang kampanye 12.12 Birthday Sale. Sebut saja, Gajian Sale, Super Beauty Day, Bonus Akhir Tahun 12 M Day, Fashion Day, dan Shopee Video Day.

Gebyar promo fantastis tingkatkan daya tarik

Selain menghadirkan fitur-fitur yang mendukung pertumbuhan jenama lokal dan UMKM, Shopee juga menghadirkan gebyar promo fantastis yang meningkatkan daya tarik bagi pengguna.

Salah satu promo yang paling ditunggu adalah Flash Sale 12 RB. Semangat untuk berpartisipasi dan mendapatkan produk spesial pilihan dengan harga Rp 12.000 terlihat pada puncak kampanye, seperti mobil, motor, iPhone, dan logam mulia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com