Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaga Pasokan Batu Bara ke PLTU, PLN Optimalkan Kualitas Pengelolaan

Kompas.com - 15/12/2023, 15:00 WIB
Yohana Artha Uly,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PLN Energi Primer Indonesia (PLN EPI) terus mendorong peningkatan ketersediaan cadangan batu bara sebagai sumber utama Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) guna menjamin ketersediaan listrik yang andal bagi konsumen.

Direktur Utama PLN EPI Iwan Agung mengatakan, perusahaan melakukan pengelolaan pasokan batu bara dengan berupaya menjaga kualitasnya agar bisa optimal sebagai bahan bakar PLTU.

Ia menjelaskan, jika batu bara dalam kondisi basah atau lengket maka ini bisa mengganggu proses pembongkaran dan handling PLTU. Begitu pula jika ukuran dari batu bara itu oversized, bisa mengakibatkan delay bahkan blockage yang menimbulkan biaya tambahan.

Baca juga: PLN Bakal Terapkan Teknologi Penyimpanan Karbon pada 19 PLTU Batu Bara

"Jadi kami benar-benar selektif dalam melakukan pengelolaan, sehingga listrik yang kita sajikan dapat terus stabil bagi masyarakat,” kata Iwan dalam keterangan tertulisnya, Jumar (15/12/2023).

Ia menuturkan, dampak dari batu bara yang bekualitas buruk sangat berkontribusi menurunkan performa dari PLTU yang ada, bahkan memicu menghasilkan emisi yang lebih besar.

Maka dari itu, selain menerapkan pengelolaan batu bara yang baik, sub holding PT PLN (Persero) ini juga mengimplementasikan prosedur FIFO atau first in first out mulai dari penambangan sampai di PLTU.

Baca juga: Dukung Nol Emisi, Bank Mandiri Kurangi Pembiayaan PLTU Batu Bara

Tak hanya itu, batu bara yang sampai di PLTU pun melalui serangkaian proses pengawasan dari loading port sampai ke PLTU sehingga dapat memenuhi kecukupan PLTU.

"Jadi dalam proses pemakaian batu bara di PLTU, kami sangat memperhatikan kaidah-kaidah, sehingga batu bara yang dieksploitasi dapat optimal termanfaatkan," kata Iwan.

Menurutnya, PLTU yang dimiliki PLN EPI terus berupaya mematuhi Baku Mutu Standar Emisi sesuai Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia (RI) No 15/2019.

Baca juga: Lebih Hijau, PLTU Paiton Pakai Biomassa Serbuk Kayu dan Bertahap Kurangi Batu Bara

Hal itu sejalan dengan roadmap Indonesia mencapai Nationally Determined Contribution (NDC) pada tahun 2030 dan Net Zero Emission (NZE) di tahun 2060.

"Selama PLTU beroperasi, kami selalu berupaya menekan emisinya semaksimal mungkin menggunakan berbagai teknologi termutakhir. Emisinya juga dimonitor secara realtime dan terhubung langsung dengan dashboard di Kementerian Lingkungan Hidup," tutup dia.

Baca juga: Cara PLTU Kurangi Emisi, Olah Limbah Debu Batu Bara Jadi Bahan Bangunan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com