Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspadai Lonjakan Covid-19, Pedagang Pasar Diimbau Pakai Masker dan Cuci Tangan

Kompas.com - 17/12/2023, 08:26 WIB
Elsa Catriana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) mengimbau para pedagang pasar untuk tetap mewaspadai lonjakan kasus Covid-19.

Ketua Umum DPP IKAPPI Abdullah Mansuri membeberkan berdasarkan informasi yang didapatinya melalui Dinas Kesehatan DKI Jakarta ada peningkatan kasus Covid yang terjadi di DKI Jakarta. Pada periode 11sampai 13 Desember 2023 terdapat 315 kasus baru Covid-19 ditemukan di DKI Jakarta.

Sementara pada 21 hingga 25 Desember 2023 diproyeksikan akan banyak masyarakat yang berkunjung ke pasar.

Baca juga: Klaim Asuransi Kesehatan Melonjak, Pengamat: Masih Terpengaruh Pandemi Covid-19

Sulastri, salah satu pedagang sayur di Pasar Tomang Barat, Tanjung Duren, Jakarta Barat, Kamis (7/12/2023). KOMPAS.com/ZINTAN PRIHATINI Sulastri, salah satu pedagang sayur di Pasar Tomang Barat, Tanjung Duren, Jakarta Barat, Kamis (7/12/2023).
"Melihat beberapa pemberitaan akhir-akhir ini tentang naiknya kasus Covid-19 di Jakarta, kami meminta kepada pedagang untuk kembali menggunakan masker saat berjualan di pasar tradisional," ujarnya dalam siaran pers, Sabtu (16/11/2023).

Abdullah mengatakan, pihaknya juga meminta kepada pedagang terus menjaga kewaspadaan.

"Kami minta pedagang tetap berjualan sebagaimana mestinya, tetapi tetap terus menjaga kesehatan, mencuci tangan dan menjaga kebersihan di lingkungan pasar," sambungnya.

Pihaknya pun berharap semua anggota pedagang pasar yang ada di DKI Jakarta dan kota-kota besar terus mengantisipasi dan mewaspadai lonjakan kasus Covid-19 di Jakarta.

Baca juga: Mulai 1 September 2023, Pengobatan Pasien Covid-19 Dijamin BPJS Kesehatan

Sebelumnya, Dinas Kesehatan DKI Jakarta menyebut, ada tiga faktor penyebab meningkatnya kasus Covid-19 di Jakarta yang terjadi beberapa waktu terakhir.

Kepala Seksi (Kasi) Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinkes DKI Jakarta Ngabila Salama mengungkapkan, faktor pertama yang menyebabkan peningkatan kasus Covid-19 di Jakarta, yakni peralihan musim yang membuat imunitas seseorang menurun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com