Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Penumpang Kereta Api pada Nataru Tahun Ini Lampaui Tahun Lalu

Kompas.com - 25/12/2023, 07:10 WIB
Rully R. Ramli,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat, jumlah penumpang kereta api dari Jakarta baik melalui Stasiun Pasar Senen maupun Stasiun Gambir pada periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) kali ini berpotensi mencapai 700.000.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, jumlah tersebut lebih tinggi dibanding periode yang sama tahun lalu mencapai sekitar 600.000 penumpang.

Menurutnya, hal itu merefleksikan peningkatan produktivitas pergerakan penumpang kereta api yang berangkat dari Jakarta.

Baca juga: Menhub: Sektor Kereta Api Sedang pada Masa Jayanya...

Ilustrasi kereta api, PT Kereta Api Indonesia (Persero). SHUTTERSTOCK/LAUDE PIRERA Ilustrasi kereta api, PT Kereta Api Indonesia (Persero).

"Tahun lalu jumlah penumpang selama masa Nataru sebanyak 600.000 orang. Sekarang ini diperkirakan bisa mencapai sekitar 700.000 orang," kata dia, dalam keterangannya, Minggu (24/12/2023).

"Jadi kenaikannya signifikan dan makin produktif, karena jumlah penumpang yang dari Jakarta keluar dengan yang dari daerah ke Jakarta sama banyaknya," sambungnya.

Secara keseluruhan, PT Kereta Api Indonesia Daop I menyediakan sekitar 773.000 kursi di masa Nataru (21 Desember 2023 sampai 7 Januari 2024) atau 42.958 kursi per harinya.

Berdasarkan data KAI, kereta api dari Stasiun Pasar Senen memberangkatkan 166.592 penumpang sejak tanggal 21 sampai 24 Desember 2023.

Baca juga: Cara Reschedule Tiket Kereta Api secara Online via Aplikasi

Adapun kereta api dengan tujuan perjalanan antara lain ke Cirebon, Semarang, Yogyakarta, Bandung, Surabaya, hingga Malang.

"Masa liburan ini saya minta kepada PT KAI dan Dirjen KA untuk melakukan suatu kegiatan kolaborasi. Karena apa yang akan kita lakukan ini adalah melayani masyarakat," tuturnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com