Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengamat Ingatkan Impor Beras 2024 Harus Dihitung Cermat, Mengapa?

Kompas.com - 26/12/2023, 17:10 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia bakal kembali melakukan impor beras di tahun depan. Hal tersebut lantaran produksi dalam negeri diperkirakan masih belum kembali normal di tahun depan dampak dari adanya El Nino.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, Indonesia sudah mengamankan 3 juta ton beras berasal dari komitmen India dan Thailand. Sebanyak 2 juta ton diamankan dari Thailand dan 1 juta ton dari India.

Pengamat pertanian Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia (AEPI) Khudori menilai, rencana tersebut sebagai antisipasi dari masa tanam dan panen yang mundur. Meski demikian, dia menegaskan agar kebijakan impor pangan dapat dilakukan secara cermat.

Baca juga: Bos Bulog Jamin Cadangan Beras Pemerintah Aman hingga Juni 2024

Ilustrasi beras. PEXELS/MART PRODUCTIONS Ilustrasi beras.

Hal tersebut agar masuknya impor beras tak berbarengan dengan masa panen tahun depan, serta jumlah impor yang dilakukan sesuai dengan kebutuhan. Oleh karenanya dibutuhkan penghitungan yang tepat.

"Yang penting kuota impor itu dihitung cermat berapa kebutuhannya dan kapan datangnya. Jangan sampai malah jadi mudarat karena datang saat panen raya," kata Khudori dihubungi Kontan.co.id, Selasa (26/12/2023).

Mengenai rencana impor beras 3 juta ton yang sudah mendapatkan komitmen dari Thailand dan India, Ia mengatakan, belum menghitung lagi apakah kebutuhan tahun depan memang sebesar itu.

Khudori menceritakan, ekor dampak dari El Nino membuat paceklik lebih lama. Pada awal Desember lalu saat ia ke Jember naik kereta dari Jakarta, sebagian wilayah Jawa Tengah yang berbatasan dengan Jawa Timur dan juga Jawa Timur, mayoritas sawah masih bera (kurang produktif). Dia menambahkan, hanya sebagian kecil sawah yang terlihat sudah menyiapkan bibit padi.

Baca juga: Cadangan Beras 1,26 Juta, Bulog Siap Jaga Stabilitas Harga hingga Tahun Depan

"Semula saya perkirakan Desember ini sudah tanam serentak karena hujan sudah merata. Tapi ini meleset. Sebagian besar wilayah Jawa sepertinya baru tanam di awal Januari. Ini berarti paceklik bertambah panjang lagi," kata dia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com