Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Rencana Perpanjangan Rute KRL ke Karawang, MTI: Masyarakat Butuh

Kompas.com - 27/12/2023, 18:15 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) menyetujui rencana untuk memperpanjang jalur KRL Jabodetabek dari Cikarang sampai ke Karawang, Jawa Barat.

Ketua Umum MTI Tory Damantoro mengatakan, rute KRL ini dibutuhkan oleh masyarakat Karawang terutama bagi masyarakat yang bermobilisasi ke Jakarta setiap harinya.

Terlebih, meski ada moda transportasi umum lainnya yang mengakomodasi masyarakat Karawang menuju Jakarta, namun dia menilai kereta perkotaan seperti KRL menjadi pilihan yang nyaman untuk masyarakat.

Baca juga: KCI Investigasi Munculnya Percikan Api di Kolong KRL Jabodetabek

Ilustrasi kereta KRL Commuter Line yang dioperasikan oleh PT KAI Commuter Indonesia (KCI).SHUTTERSTOCK/JOKO SL Ilustrasi kereta KRL Commuter Line yang dioperasikan oleh PT KAI Commuter Indonesia (KCI).

"Saya rasa butuh pasti butuh apalagi kalau yang ditanya adalah teman-teman di Karawang karena Jabodetabek tentu saja tidak bisa dipisahkan kegiatan commuter dan itu paling nyaman kalau dilayani dengan kereta perkotaan," ujarnya saat konferensi pers di Stasiun Halim, Jakarta, Rabu (27/12/2023).

Selain itu menurutnya, penyediaan angkutan kereta perkotaan tidak bisa dihindari untuk menunjang kawasan metropolitan sebesar Jakarta.

"Bahkan kita sudah telat beberapa puluh tahun untuk membangun sistem itu," kata dia.

Tory bilang, perpanjangan rute KRL Jabodetabek sampai ke Karawang ini juga memungkinkan untuk direalisasikan namun dengan beberapa persiapan mulai dari elektrifikasi jalur sampai mengatur ulang jadwal KRL.

Baca juga: KRL Jabodetabek Belum Diperpanjang Sampai Karawang, Ini Sebabnya

"Kalau ditanya itu bisa enggak? Bisa. Kalau mau diperpanjang ke sana berarti harus ada elektrifikasi kan. Kemudian juga pengaturan jadwal tadi. Kita sudah double track tapi mungkin beberapa segmen harus bikin triple track atau apa," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) belum memutuskan akan merealisasikan rencana perpanjangan jalur KRL Jabodetabek ke Karawang lantaran jumlah armada KRL masih terbatas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com