Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lama Tak Terdengar, Apa Kabar Rencana Perpanjangan KRL Jabodetabek ke Karawang?

Kompas.com - 14/11/2023, 05:30 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengungkapkan rencana perpanjangan KRL Commuter Line Cikarang/Bekasi hingga ke Karawang tertunda akibat pandemi Covid-19.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan, pihaknya telah menerima usulan perpanjangan KRL Jabodetabek ke Karawang dari PT KAI Commuter (KCI) pada 2019.

Namun karena pada 2020 terjadi pandemi Covid-19, maka rencana ini menjadi terhambat sehingga jadwal realisasinya menjadi bergeser dan hingga kini belum diketahui kepastiannya.

"Jadi waktu itu karena disampaikan 2019, terus masuk pandemi akhirnya jadwal bergeser. Sampai sekarang kita belum pasti akan mulai kapan," ujarnya saat ditemui di Gedung Kemenhub, Jakarta, Senin (13/11/2023).

Baca juga: [NGOBROL BOSS] Stasiun Sudirman Padat Imbas LRT, Dirut KCI Imbau Penumpang KRL Beralih ke Stasiun BNI City

Meski belum ada kepastiannya akan dimulai kapan, namun dia memastikan rencana perpanjangan rute KRL Jabodetabek ke Karawang akan tetap dilaksanakan.

Adita bilang, saat ini pihaknya masih terus melakukan pembahasan dan memastikan kebutuhan anggaran untuk merealisasikan rencana ini.

"Masih dalam pembahasan, karena itu kan harus memastikan kebutuhan anggaran dan lain-lain," kata dia.

Baca juga: [NGOBROL BOSS] Apa Benar Karyawan KCI Bisa Naik KRL Gratis Seumur Hidup?

Terpisah, Direktur Utama KCI Asdo Artriviyanto mengungkapkan, pihaknya telah mengusulkan kepada Kemenhub untuk meneruskan rute KRL Jabodetabek hingga ke Karawang.

Perpanjangan rute KRL ini diperlukan lantaran saat ini sudah banyak berkembang pemukiman penduduk di Karawang sehingga masyarakatnya membutuhkan transportasi antarkota.

"Yang khusus jalur Bekasi kan kita tambah sampai Cikarang nih. Nah harapan kami juga bisa nambah lagi mempanjang relasi sampai Karawang karena ini pemukiman sudah mulai berkembang kan," ucap Asdo dalam wawancara khusus Ngobrol Boss Kompas.com, dikutip Senin.

Baca juga: Perbandingan Naik KRL dan LRT Rute Bekasi, Lebih Cepat dan Murah Mana?


Berdasarkan catatan Kompas.com, pada 2019 Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah menyambut positif rencana perpanjangan rute KRL sampai Karawang yang diusulkan oleh KCI.

Namun, Menhub mengaku masih perlu melakukan finalisasi fisik rel KRL menuju Karawang dan itu ditargetkan dapat selesai pada akhir tahun depan (2020).

Sayangnya setelah itu, rencana perpanjangan rute KRL ke Karawang ini sudah tidak terdengar lagi kelanjutannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com