Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor Diresmikan, Nilai Investasi Rp 4 triliun

Kompas.com - 08/01/2024, 14:55 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor sepanjang 14,8 kilometer (km) telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini, Senin (8/1/2024). Nilai investasi pembangunan jalan tol ini sebesar Rp 4 triliun.

Jalan tol ini akan melengkapi struktur jaringan jalan tol di Jabodetabek yang sebelumnya sudah ada, mencakup ruas tol lingkar dalam sepanjang 46 km, Jakarta Outer Ring Road (JORR) 1 sepanjang 65 km, dan JORR 2 sepanjang 111 km.

Presiden Jokowi mengatakan, pengoperasian jalan tol ini akan memberikan lebih banyak pilihan masyarakat untuk menuju Bandara Soekarno-Hatta dan pusat-pusat layanan perkotaan lain, tanpa harus masuk ke jalan tol dalam kota dan JORR-1.

Baca juga: Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor Bakal Diresmikan Jokowi, GT Limo Ditutup Sementara

Presiden Jokowi resmikan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor pada Senin (8/1/2024).Kompas.com/Aisyah Sekar Ayu Maharani Presiden Jokowi resmikan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor pada Senin (8/1/2024).
Selain itu, pengoperasian Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor juga diharapkan dapat memperlancar mobilitas masyarakat, barang dan logistik serta dapat mengurangi kemacetan di dalam kota Jakarta.

"Alhamdulillah pagi ini kita resmikan Jalan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor dengan total panjang 14,8 kilometer dan total investasi yang dikeluarkan adalah Rp 4 triliun," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (8/1/2024).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menambahkan, jalan tol yang baru diresmikan tersebut merupakan bagian dari jaringan tol JORR 2 sepanjang 111 km yang melingkar dari Cengkareng Bandara Soekarno Hatta, Kunciran, Serpong, Cinere, Cimanggis, Cibitung, Cilincing hingga Pelabuhan Tanjung Priok.

"Ditargetkan seluruh ruas JORR 2 rampung pada triwulan pertama 2024. Hari ini yang diresmikan adalah ruas Cinere-Raya Bogor (11,2 km) dan Serpong Cinere seksi 2 Pamulang-Cinere (3,6 km)," ucap Basuki.

Baca juga: Malam Ini Jalan Tol Pamulang-Cinere Beroperasi Fungsional, Gratis!

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com