Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
SINYAL KUAT

Indosat Ooredoo Hutchison Layani Puncak Lonjakan Trafik Data hingga 8,9 Persen pada Momen Tahun Baru 2024

Kompas.com - 09/01/2024, 11:10 WIB
Aningtias Jatmika,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.comIndosat Ooredoo Hutchison (IOH) atau Indosat mencatatkan peningkatan traffic data sebesar 8,4 persen pada 24 Desember 2023 dan 8,9 persen pada 31 Desember 2023 jika dibandingkan dengan rata-rata periode hari normal.

Director and Chief Technology Officer Indosat Desmond Cheung mengatakan bahwa peningkatan tersebut terlihat di beberapa kota di Pulau Jawa, seperti Bandung, Banjarnegara, Bogor, Karawang, Kediri, Madiun, Malang, Purwakarta, Purwokerto, Tangerang, Tasikmalaya, dan Tegal.

“Sementara, di luar Pulau Jawa, Kota Balikpapan, Bandar Lampung, Bali, Bone, Gowa, Kotabumi, Medan, Metro, Pare-Pare, Pontianak, dan Samarinda, merupakan kota dengan lonjakan traffic data yang paling tinggi,” jelas Desmond dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (3/1/2024).

Pada malam pergantian tahun, lanjut dia, platform digital, seperti WhatsApp, Instagram, YouTube, Facebook, dan TikTok, berkontribusi besar dalam melonjaknya konsumsi data pelanggan Indosat.

Baca juga: Sambut Natal dan Tahun Baru, Indosat Ooredoo Hutchison Perkuat Jaringan dan Gelar Program CSR

Peningkatan permainan game online, seperti Mobile Legends, Roblox, Call of Duty, Genshin Impact, dan PUBG, turut memicu kenaikan traffic data.

Desmond menambahkan, lonjakan traffic data juga terjadi pada platform digital Indosat, myIM3, dan bima+.

“Terjadi peningkatan aktivitas pengguna sebesar hampir 1 juta pelanggan jika dibandingkan rata-rata periode hari normal. Hal ini dipicu oleh pembelian paket layanan dan juga akses ke layanan on-demand,” kata Desmond.

Optimasi jaringan dan tingkatkan kapasitas

Sebagai informasi, saat ini, jaringan kuat Indosat didukung oleh 172.000 base transceiver station (BTS) 4G yang tersebar di seluruh Indonesia.

Desmond mengatakan, untuk memaksimalkan lonjakan traffic data selama momen Natal dan Tahun Baru (Nataru), pihaknya telah meningkatkan konektivitas jaringan secara proaktif dengan melakukan optimasi pada 434 lokasi prioritas dan peningkatan kapasitas di 527 titik.

“Sejalan dengan upaya untuk menjadi perusahaan telekomunikasi digital yang paling dipilih di Indonesia, kami berhasil memenuhi tingginya kebutuhan digital pelanggan selama masa liburan akhir tahun,” ucap Desmond.

Menurut dia, hal tersebut juga tak lepas dari dedikasi penuh seluruh tim Indosat serta mitra di lapangan dalam memastikan tersedianya layanan telekomunikasi yang optimal sehingga pelanggan dapat melewatkan momen spesial bersama keluarga dan orang tercinta.

Dalam memenuhi lonjakan traffic data, Indosat juga telah menggelar uji coba jaringan di jalur dan wilayah yang diprediksi akan mengalami peningkatan perjalanan selama liburan, seperti Trans Jawa, Trans Sumatera, Cikampek, Samarinda, dan Balikpapan.

Hasil optimasi dan peningkatan kapasitas jaringan itu dimonitor oleh Command Center 24/7 yang berpusat di Indosat Ooredoo Hutchison Network Operation Center (INOC) dan Indosat Ooredoo Hutchison Service Operation (ISOC) secara terus-menerus.

Baca juga: Indosat Berbagi Kasih untuk Ribuan Anak Yatim Piatu di Indonesia

Adapun Command Center fisik terpusat itu didukung oleh teknologi berbasis kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) dan machine learning (ML).

Command Center juga dilengkapi sistem automasi yang dapat memantau ketersediaan serta kualitas jaringan, termasuk mengatasi tantangan dan keluhan yang muncul untuk menjaga kenyamanan pelanggan menggunakan layanan Indosat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com