Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tambahan Jam Operasional LRT Jabodebek Berpotensi Diperpanjang

Kompas.com - 15/01/2024, 14:05 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - LRT Jabodebek akan menambah jam operasional hingga pukul 22.55 WIB mulai Selasa (16/1/2024) hingga 31 Januari 2024.

Manager Public Relations LRT Jabodebek Mahendro Trang Bawono mengatakan, untuk saat ini perpanjangan jam operasional LRT Jabodebek memang hanya sampai akhir Januari 2024.

Namun, pihaknya tidak menutup kemungkinan akan memperpanjang pemberlakuan jam operasional sampai pukul 22.55 WIB di Februari 2024 jika hasil evaluasi selama dua pekan ini sesuai dengan target.

Baca juga: Mulai 16 Januari 2024, LRT Jabodebek Beroperasi hingga Pukul 22.55 WIB

"Sementara sampai 31 Januari dulu, sambil berjalan kami lakukan evaluasi. Tidak menutup kemungkinan akan diperpanjang juga di bulan Februari," ujarnya kepada Kompas.com, Senin (15/1/2024).

Adapun perubahan jam operasioanl LRT Jabodebek menjadi keberangkatan pertama dari Stasiun Jatimulya pukul 05.22 WIB dari sebelumnya pukul 05.02 WIB. Kemudian keberangkatan pertama dari Stasiun Harjamukti menjadi pukul 05.30 WIB dari sebelumnya 05.10 WIB.

Sementara untuk keberangkatan terakhir LRT Jabodebek dari Stasiun Dukuh Atas-Stasiun Jatimulya menjadi pukul 22.00 WIB dari sebelumnya pukul 20.44 WIB sedangkan dari Dukuh Atas-Stasiun Harjamukti terakhir menjadi pukul 22.05 WIB dari sebelumnya pukul 20.50 WIB.

Baca juga: LRT Jabodebek Sempat Gangguan, KAI: Ada Kendala Teknis di Peron Stasiun Halim

Dengan perpanjangan jam operasional itu, maka jumlah perjalanan LRT Jabodebek bertambah menjadi 264 perjalanan pada hari kerja Senin-Jumat dan 240 perjalanan pada akhir pekan Sabtu-Minggu.

Sebelumnya, jumlah perjalanan LRT Jabodebek sebanyak 240 perjalanan per hari. Meningkat dari sebelumnya 202 perjalanan per hari di hari kerja dan 200 perjalanan di akhir pekan.

Meski jumlah perjalanan bertambah, saat ini LRT Jabodebek masih mengoperasikan 16 rangkaian kereta (trainset/TS) dan belum ada rencana untuk menambah jumlah trainset yang dioperasikan.

Baca juga: LRT Jabodebek Tambah Jadwal Perjalanan dan Beri Tarif Promo hingga Februari 2024

Sebab, kata Mahendro, KAI masih fokus menjaga konsistensi dari sisi operasional maupun pelayanan sebelum menambah jumlah armada yang dioperasionalkan.

"Masih, kami pertahankan di 16 TS. Sampai saat ini kami belum berencana untuk menambah jumlah TS yang dioperasikan," tuturnya.

Sebagai informasi, saat ini LRT Jabodebek memiliki total 31 trainset dimana 16 trainset dioperasikan untuk mengangkut penumpang, 7 trainset sebagai cadangan, 6 trainset sedang dalam perawatan rutin, dan 2 trainset sedang diperbaiki PT INKA sejak kecelakaan pada Oktober 2021.

Baca juga: Malam Tahun Baru, LRT Jabodebek Beroperasi hingga Jam 2 Pagi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com