Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KCIC: Pengoperasian Stasiun Karawang Tunggu Pembangunan Akses Tol

Kompas.com - 18/01/2024, 16:33 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menyatakan pengoperasian Stasiun Kereta Cepat Whoosh, Karawang, Jawa Barat, menunggu pembangunan akses jalan tol menuju stasiun tersebut rampung dikerjakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Untuk Stasiun Kereta Cepat Whoosh di Karawang memang saat ini masih belum dioperasikan, karena saat ini masih dalam tahap persiapan pembukaan akses ke jalan tol," kata Manajer Corporate Communication KCIC Emir Monti di Kabupaten Bandung, Jabar, Kamis (17/1/2024).

Emir mengatakan KCIC telah berkoordinasi dengan pemangku kepentingan dalam hal ini yakni Kementerian PUPR serta Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) untuk mempercepat pengoperasian Stasiun Karawang.

Baca juga: Jalan Tol Akses Stasiun Kereta Cepat Whoosh Karawang Akan Dibangun, PUPR: Masih Perlu Pembebasan Lahan

Manager Corporate Communication Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Emir Monti saat menjelaskan soal pelatihan mengemudikan kereta cepat yang diikuti oleh 72 oramg masinis di Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada Rabu (17/3/2024)KOMPAS.COM/M. Elgana Mubarokah Manager Corporate Communication Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Emir Monti saat menjelaskan soal pelatihan mengemudikan kereta cepat yang diikuti oleh 72 oramg masinis di Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada Rabu (17/3/2024)

"Harapannya semuanya bisa berjalan lancar, tapi untuk targetnya kita masih koordinasi dengan Kementerian PUPR juga dengan Kemenko Marves terkait kapan akses menuju Stasiun Kereta Cepat Whoosh di Karawang ini dapat ditingkatkan," katanya.

Meskipun belum dioperasikan, Emir memastikan untuk pembangunan Stasiun Karawang secara konstruksi serta fasilitas telah rampung diselesaikan.

"Secara fasilitas, pelayanan, maupun operasional sudah siap dan ketika nantinya diharapkan melayani untuk kawasan industri di Karawang, kita sudah siap," katanya.

Menurut dia, untuk waktu tempuh dari Stasiun Halim menuju Stasiun Karawang hanya memakan waktu 10 sampai 15 menit dengan ketepatan waktu keberangkatan Kereta Cepat Whoosh yang mencapai 99,9 persen.

Baca juga: Stasiun Kereta Cepat Whoosh Karawang Beroperasi Awal 2024

Ia menambahkan nantinya untuk tarif dari Stasiun Halim maupun Tegalluar dengan tujuan Stasiun Karawang akan dikaji kembali berdasarkan tarif dinamis (dynamic pricing).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com