Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng Jamkrindo, BCA Beri Penjaminan KUR ke UMKM

Kompas.com - 28/01/2024, 08:36 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Central Asia Tbk atau BCA bekerja sama dengan PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) dalam penyaluran dan penjaminan Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada UMKM.

Kerja sama ini bertujuan untuk membantu program pemerintah dalam memperluas akses pembiayaan kepada UMKM.

Direktur BCA John Kosasih mengungkapkan, dengan kerja sama ini Jamkrindo menjamin risiko kredit macet untuk penyaluran KUR kecil atau KUR mikro.

Baca juga: Bank Mandiri Bakal Salurkan KUR Rp 37,5 Triliun pada 2024, untuk Sektor Usaha Apa Saja?

Ilustrasi BCA.SHUTTERSTOCK/SULASTRI SULASTRI Ilustrasi BCA.

Dengan begitu, bank penyalur KUR khususnya BCA dapat melakukan ekspansi bisnis tanpa khawatir dan tetap menjaga kualitas penyaluran kredit.

Kolaborasi ini juga memungkinkan BCA untuk mengoptimalkan dukungannya terhadap pertumbuhan dan pengembangan UMKM di Indonesia.

"Kami melihat sektor UMKM memiliki potensi yang sangat besar untuk memajukan perekonomian nasional. Melalui kerja sama ini, kami berharap dapat terus meningkatkan penyaluran KUR BCA," kata dia dalam keterangan resmi, dikutip Minggu (28/1/2024).

Ia menjelaskan, BCA menawarkan KUR hingga Rp 500 juta dengan suku bunga yang kompetitif, mulai dari 6 persen efektif per tahun.

Baca juga: BRI Bakal Selesaikan Penyaluran KUR Sebelum September 2024

Program ini juga menawarkan keuntungan lainnya seperti bebas biaya administrasi dan provisi, sehingga para pelaku UMKM mendapatkan pembiayaan dengan lebih terjangkau.

Sementara itu, Direktur Bisnis Penjaminan Jamkrindo Henry Panjaitan mengungkapkan, pihaknya berkomitmen untuk terus berfokus terhadap kemajuan sektor UMKM.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com