Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Pengerjaan Proyek MRT Jakarta Fase 2A Monas

Kompas.com - 01/02/2024, 20:31 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Progres pembangunan MRT Jakarta fase 2A CP 201 Stasiun Thamrin dan Monas per 25 Januari 2024 telah mencapai 68,79 persen.

Sebagai informasi, MRT Jakarta Fase 2A menghubungkan Stasiun Bundaran HI dan Kota sepanjang 5,8 kilometer dan terdiri dari tujuh stasiun bawah tanah, yaitu Thamrin, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok, dan Kota.

Fase 2A tersebut dibagi menjadi dua segmen, yaitu segmen I Bundaran HI-Harmoni yang ditargetkan selesai pada 2027 dan segmen II Harmoni-Kota yang ditargetkan selesai pada 2029.

Baca juga: Sebut Tidak Pernah Temukan Kasus Suap SAP, MRT Jakarta: Siap Bekerja Sama dengan Penegak Hukum

Progres pembangunan Stasiun Monas MRT Jakarta per 25 Januari 2024 jika dilihat dari atas tanah. Stasiun yang dibangun di bawah tanah (underground) ini memiliki tunnel yang akan terhubung ke Stasiun Bundaran HI.KOMPAS.com/Isna Rifka Sri Rahayu Progres pembangunan Stasiun Monas MRT Jakarta per 25 Januari 2024 jika dilihat dari atas tanah. Stasiun yang dibangun di bawah tanah (underground) ini memiliki tunnel yang akan terhubung ke Stasiun Bundaran HI.

MRT Jakarta fase 2A ini terdiri dari tiga paket kontrak pembangunan, yaitu CP 201 Stasiun Thamrin dan Monas, CP 202 Stasiun Harmoni-Sawah Besar-Mangga Besar, dan CP 203 Stasiun Glodok dan Kota.

Saat ini MRT Jakarta fase 2A CP 201 atau tepatnya pembangunan Stasiun Monas telah masuk ke tahap pekerjaan box jacking.

Stasiun Monas MRT Jakarta tengah dibangun, pada sebelah kiri terlihat bakal jalur kereta MRT Jakarta. Pembangunan Stasiun Monas ini merupakan bagian dari proyek MRT Jakarta fase 2A CP 201 yang per 25 Januari 2024 progresnya telah mencapai 68,79 persen.KOMPAS.com/Isna Rifka Sri Rahayu Stasiun Monas MRT Jakarta tengah dibangun, pada sebelah kiri terlihat bakal jalur kereta MRT Jakarta. Pembangunan Stasiun Monas ini merupakan bagian dari proyek MRT Jakarta fase 2A CP 201 yang per 25 Januari 2024 progresnya telah mencapai 68,79 persen.

Pekerjaan itu meliputi metode dorong yang digunakan dalam membangun entrance satu yang ada di Jalan Museum, penggalian entrance dua yang berada di silang barat daya monas, pengecoran lantai dasar suar penyejuk.

Baca juga: Lama Tak Terdengar, Bagaimana Kelanjutan Rencana MRT Jakarta Akuisisi KAI Commuter?

Kemudian juga tengah dikerjakan instalasi dan penyelesaian dinding, double wall dan ACP, rangka langit-langit, persiapan pekerjaan lantai, pekerjaan instalasi sistem Heating, Ventilation, dan Air Conditioner (HVAC) suplai air dan drainase, dan pemadam kebakaran, serta elektrikal.

Progres pembangunan Stasiun Monas MRT Jakarta pada Kamis (25/1/2024). Saat ini pembangunan Stasiun Monas telah masuk ke tahap pekerjaan box jacking.KOMPAS.com/Isna Rifka Sri Rahayu Progres pembangunan Stasiun Monas MRT Jakarta pada Kamis (25/1/2024). Saat ini pembangunan Stasiun Monas telah masuk ke tahap pekerjaan box jacking.

Sedangkan di Stasiun Thamrin, pekerjaan yang sedang dilakukan meliputi pekerjaan pengecoran lantai dasar, pengecoran kolom, instalasi OTE duct, dan pondasi entrance empat serta cooling tower ventilation tower.

Selanjutnya, untuk progres pembangunan MRT Jakarta Fase 2A CP 202 yang dimulai pada 25 Juni 2022 telah mencapai 25,54 persen. Demikian juga dengan pembangunan CP 203 yang saat ini perkembangannya sudah mencapai 44,69 persen.

Kemudian pengadaan CP 205 sistem perkeretaapian dan rel (railway systems and trackwork) pada jalur Bundaran HI-Kota dilakukan dengan sistem limited international bidding
(bilateral tied).

Baca juga: Jalan Olimo Ambles, Manajemen: Bukan Dampak dari Proyek MRT Jakarta

Progres pembangunan Stasiun Monas MRT Jakarta pada Kamis (25/1/2024). Saat ini pembangunan Stasiun Monas telah masuk ke tahap pekerjaan box jacking. Adapun pengerjaan ini termasuk dalam pembangunan MRT Jakarta fase 2A CP 201 (Stasiun Thamrin dan Monas).KOMPAS.com/Isna Rifka Sri Rahayu Progres pembangunan Stasiun Monas MRT Jakarta pada Kamis (25/1/2024). Saat ini pembangunan Stasiun Monas telah masuk ke tahap pekerjaan box jacking. Adapun pengerjaan ini termasuk dalam pembangunan MRT Jakarta fase 2A CP 201 (Stasiun Thamrin dan Monas).

Pada 30 November 2023, tiga perusahaan kontraktor telah memasukkan dokumen proposal dan saat ini sedang dilakukan finalisasi hasil evaluasi finansial.

CP 206 rolling stock kereta telah dilakukan call for tender pada 3 November 2023 dan saat ini sedang dalam masa klarifikasi. Sedangkan CP 207 sistem pembayaran (automatic fare collection system), sedang dalam tahap penyusunan dokumen tender dan penyelesaian aspek kontraktual maupun teknis.

Progres pembangunan Tunnel Stasiun Monas MRT Jakarta menuju Stasiun Bundaran HI pada Kamis (25/1/2024). Terowongan sepanjang 356 meter ini merupakan bagian dari pembangunan MRT Jakarta Fase 2A CP 201 progresnya telah mencapai 68,79 persen.KOMPAS.com/Isna Rifka Sri Rahayu Progres pembangunan Tunnel Stasiun Monas MRT Jakarta menuju Stasiun Bundaran HI pada Kamis (25/1/2024). Terowongan sepanjang 356 meter ini merupakan bagian dari pembangunan MRT Jakarta Fase 2A CP 201 progresnya telah mencapai 68,79 persen.

Perlu diketahui, berbeda dengan fase 1, fase 2A dibangun sekaligus dengan mengembangkan kawasan stasiun dengan konsep kawasan berorientasi transit (transit oriented development).

Pembangunan dengan konsep ini tidak hanya menyiapkan infrastruktur stasiun MRT Jakarta saja, namun juga kawasan sebagai paduan antara fungsi transit dan manusia, kegiatan, bangunan, dan ruang publik yang akan mengoptimalkan akses terhadap transportasi publik sehingga dapat menunjang daya angkut penumpang.

Baca juga: Optimalisasi Area Publik, Perumnas Gandeng Anak Usaha MRT

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com