Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Olimo Ambles, Manajemen: Bukan Dampak dari Proyek MRT Jakarta

Kompas.com - 04/01/2024, 16:08 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT MRT Jakarta (Perseroda) menegaskan kejadian ambles pada Jalan Olimo, Jakarta Barat bukan karena pengerjaan proyek MRT Jakarta.

"Sehubungan dengan pemberitaan yang beredar tentang amblesnya Jalan Olimo (Jakarta Barat) dampak dari pekerjaan suatu proyek, adapun dapat kami sampaikan bahwa peristiwa tersebut bukan dampak dari pekerjaan proyek MRT Jakarta," ujar Kepala Divisi Corporate Secretary MRT Jakarta Ahmad Pratomo dalam keterangan tertulis, Kamis (4/1/2024).

Ahmad mengatakan, pada lokasi ambles itu sedang berlangsung pengerjaan relokasi utilitas yang dilakukan oleh perusahaan atau instansi lain.

Oleh karenanya, dia menyebut, untuk mengetahui informasi lebih detail mengenai penyebab kejadian amblesnya Jalan Olimo itu dapat ditanyakan kepada perusahaan proyek tersebut bukan MRT Jakarta.

Baca juga: Ada Pola Operasi Khusus, Ini Jadwal MRT Jakarta Saat Malam Tahun Baru

"MRT Jakarta akan membantu menyampaikan hal ini kepada pihak tersebut dan akan memberikan bantuan teknis yang diperlukan untuk penyelesaian permasalahan tersebut," ucapnya.

"MRT Jakarta selalu mengedepankan aspek keamanan dan keselamatan masyakarakat dalam implementasi pengerjaan disetiap proyek," tambahnya.

Sebelumnya diberitakan, kemacetan total terjadi di Jalan Gajah Mada, Tamansari, Jakarta Barat imbas jalanan ambles, Kamis (4/1/2024).

Pantauan Kompas.com di lokasi, kepadatan volume kendaraan dimulai dari Jalan KH Hasyim Ashari hingga pintu masuk Jalan Keagungan.

Kemacetan terjadi hingga sekitar 3 kilometer menuju lampu merah Olimo. Terdengar bising suara klakson mobil dan sepeda motor yang tak sabar untuk melintasi Jalan Gajah Mada.

Sementara itu, jalanan ambles berada tepat di proyek relokasi saluran kabel tegangan tinggi (SKTT) 150 kV Mangga Besar-Ketapang yang terdampak pembangunan mass rapid transit atau MRT.

Baca juga: Isi Ulang dan Beli Kartu MRT Jakarta Kini Bisa Gunakan Mastercard

Tampak jalanan yang ambles dihalangi dengan pembatas seng bertuliskan "Mohon maaf perjalanan anda terganggu pekerjaan relokasi SKTT 150 kV Mangga Besar-Ketapang yang terdampak MRT".

Bila dilihat lebih dekat, aspal jalanan rusak hingga membentuk lubang besar. Bahkan, bongkahan aspal masih berada di dalam lubang.

Meski kemacetan parah terjadi, tak terlihat polisi lalu lintas maupun petugas Dinas Perhubungan di lokasi. Hanya ada juru parkir liar yang membantu mengurai kemacetan.

Kepala Suku Dinas (Sudin) Binamarga Jakarta Barat Darwin Ali menyebut, jalanan ambles sejak hari ini. Kendati begitu, dia mengaku belum mengetahui penyebab pasti dari peristiwa ini.

"Saya juga baru dapat informasi, ini baru mau dicek ke lapangan. Dugaan sementara karena relokasi SKTT dan pekerjaan MRT," kata Darwin saat dihubungi.

Baca juga: Aktivitas Warga Terganggu akibat Jalan Gajah Mada Ambles

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com