Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Optimalisasi Area Publik, Perumnas Gandeng Anak Usaha MRT

Kompas.com - 16/12/2023, 19:14 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - BUMN pengembang hunian masyarakat Perumnas menggencarkan hunian high rise dengan konsep transit-oriented di wilayah Jabodetabek.

Direktur Utama Perum Perumnas Budi Saddewa Soediro mengatakan, hunian high rise dapat menjadi solusi pada kebutuhan hunian di kota yang kepadatan penduduknya sangat tinggi.

"Maka dari itu, hunian berkonsep TOD (Transit Oriented Development) yang diinsiasi Perumnas sudah sepatutnya menjadi tren pembangunan hunian secara berkelanjutan di kota besar," kata dia dalam keterangan resmi, Sabtu (16/12/2023).

Baca juga: Perumnas Tekan Backlog di Perkotaan dengan Bangun Hunian TOD Berkonsep Hijau

Ia menambahkan, Perumnas terus melakukan pengembangan hunian di kota besar. Dalam hal itu termasuk menjajaki kerja sama dengan berbagai instansi dan stakeholder terkait.

"Adanya kolaborasi yang terjalin bertujuan untuk menciptakan solusi terhadap berbagai permasalahan yang terfokus pada kota-kota besar," imbuh dia.

Untuk itu, Perumnas menjalin kerja sama dengan anak usaha PT MRT yaitu PT Integrasi Transit Jakarta (ITJ) dalam mengembangkan kawasan berorientasi transit dan sekitarnya.

Direktur Pemasaran Perum Perumnas Imelda Alini Pohan mengungkapkan, kerja sama tersebut nantinya akan fokus pada beberapa hal.

"Namun utamanya adalah dalam bentuk aktivasi ruang baik ruang terbuka hijau, area komersial berupa pop up store maupun aktivasi ruang yang kaitannya dengan optimalisasi lahan, aset idle, dan inventori perumnas lainnya yang dapat dikerjasamakan melalui skema kemitraan revenue ataupun profit sharing," terang dia.

Menurut dia, lokasi hunian yang strategis dan mudah dijangkau transportasi umum, ditambah fasilitas mumpuni menjadikan hunian berkonsep TOD adalah salah satu tren hunian yang perlu dikembangkan di kota-kota besar.

Adapun, sebagai pilot project pada kerja sama ini Perumnas dan PT ITJ akan fokus mengembangkan ruang terbuka hijau di Apartemen Samesta Mahata Tanjung Barat, Jakarta.

Baca juga: Gandeng UI, Perumnas Sediakan Apartemen Mahasiswa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com